PLN-Hyundai Cs Teken MoU Permudah Konsumen Kendaraan Listrik

PLN-Hyundai Cs Teken MoU Permudah Konsumen Kendaraan Listrik
Hyundai Kona listrik yang diluncurkan di Indonesia - dok.Hyundai Motor Indonesia

Jakarta, Motoris – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan beberapa perusahaan pemilik kendaraan listrik di Tanah Air, antara lain Hyundai, Wuling, Grab, dan Gesits untuk mengembangkan ekosistem kendaraan bermotor listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia. Dengan terbangunnya ekosistem itu, maka masyarakat diharap tidak perlu lagi ragu memakai kendaraan listrik.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Rabu (18/11/2020) mengatakan ada enam poin yang disepakati dalam MoU kerja sama tersebut. Pertama, studi dan perencanaan bersama untuk mempercepat masuknya kendaraan listrik (EV) di Indonesia.

Kedua, standarisasi protokol komunikasi antara home charger dan sistem aplikasi PLN. Ketiga, penyediaan paket layanan daya sambungan kepada pembeli kendaraan bermotor.

Ilustrasi, mobil listrik Wuling, E100 diperkenalkan – dok.Motoris

Keempat, kolaborasi layanan PLN dengan pembeli. Kelima, joint branding dengan mitra kendaraan listrik, Terakhir, program joint branding lanjutan. “Kami menyadari mendorong perubahan tidak mudah dan tidak mungkin dilakukan sendiri. Kami butuh dukungan penuh stakeholder dan mitra,” ujar Zulkifli.

Dia menegaskan, MoU kerjasama itu sekaligus menjadi wujud keseriusan PLN dalam penyediaan infrastruktur pengisian listrik untuk kendaraan listrik berbasis baterai. “PLN berupaya terus mendorong penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai, di pelaku usaha atau produsen maupun pengguna menuju ketahanan energi nasional,” papar Zulkifli.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia Makmur. Hyundai, lanjut Makmur, memiliki program penambahan infrastruktur di berbagai tempat di Indonesia. Karena itu, perusahaan membutuhkan dukungan dari PLN.

Ilustrasi,skuter lisrik (Skutrik) buatan anak negeri, Gesits – dok.Motoris

“Kami yakin dengan adanya kerja sama ini membuat Indonesia siap dengan kendaraan listrik,” kata Makmur.

Sementara, Wakil Direktur PT SGMW Motors Indonesia,Sun Zhonghao, mengatakan pihaknya akan terus berinovasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang ada di Indonesia. “Harapan kami, kerja sama ini dapat meningkatkan studi terkait infrastruktur charging dan home charging,” ucap Sun. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This