Brembo Makin Menggila, Akuisisi 100% Saham SBS Friction A/S

Brembo Makin Menggila, Akuisisi 100% Saham SBS Friction A/S
Ilustrasi, salah satu produk Brembo - dok.Brembo.com

Bergamo, Motoris – Produsen perangkat pengereman kendaraan bermotor kondang asal Bergamo, Italia, Brembo SpA, Rabu (18/11/2020) mengumumkan kebijakan perusahaan yang mengakuisisi 100% saham pbarikan pembuat komponen rem asal Denmark, SBS Friction A/S. Proses pencaplokan perusahaan dengan nilai 30 juta euro atau sekitar Rp 507 miliar (kurs 1 euro = Rp 16.890,65) itu ditragetkan rampung pada kuartal pertama 2021 nanti.

Seperti dilaporkan laman World Today News dan Bike Today, Kamis (19/11/2020), Brembo teertarik mengakuisi pabrikan yang selama ini memproduksi bantalan rem dari bahan organik dan sinter itu dinilai selaras dengan visi perusahaan untuk mewujudkan produksi yang ramah lingkungan. Selain itu, Brembo juga berambisi untuk memperluas penetrasi di semua lini ceruk pasar perangkat pengereman sepeda motor.

“Kami sangat senang menyambut Gesekan SBS di Grup kami. Terlepas dari konteks pasar yang sangat kompleks, Brembo telah mempertahankan kecenderungan alaminya untuk berinvestasi dalam inovasi. Akuisisi ini merupakan langkah penting dalam strategi kami, karena memungkinkan kami untuk mengintegrasikan kompetensi yang lebih spesifik di sektor utama, sehingga lebih memperkuat jangkauan solusi ‘buatan Brembo’ demi kepentingan pelanggan kami,” papar Chief Executive Brembo SpA, Alberto Bombassei.

Ilustrasi, kampas rem buatan SBS Friction – dok.Roadracing World.com

Laman RideApart, Kamis (19/11/2020) melaporkan baik Brembo maupun SBS Friction sama-sama menggarap pasar rem kendaraan bermotor sejak tahun 1960-an. SBS memproduksi bantalan rem sepeda motor dari senyawa organik dan sinter, serta sepatu rem, cakram, dan kit kopling. Perusahaan induk SBS Friction A/S sebelumnya adalah SBS Group, yang juga merupakan induk dari SBS Automotive A S.

Brembo yang didirikan oleh Emilio Bombassei, Italo Breda pada tahun 1961 itu, selama ini memang dikenal sebagai perusahaan yang doyan membeli saham pabrikan lain. Tahun 200-an Brembo mengakuisisi perusahaan Brasil Alfa Real Minas, yang membuat cakram rem mobil dan merakit roda gila mesin.

Tak lama setelah itu, dia mengakuisisi AP Racing Limited Inggris, yang membuat sistem rem dan kopling untuk mobil balap, mobil sport, dan sepeda motor. Pada saat yang sama, Brembo mencaplok 70% saham spesialis roda sepeda motor magnesium, Marchesini.

Pabrik Brembo di Nanjing, Cina, yang mulai beroperasi Mei 2019 lalu – dok.Industrial Heating

Bahkan, tak lama berselang, Brembo mengambil alih 70% saham Nanjing Yuejin Automotive Brake System (NYABS)dan mulai beroperasi pada Mei 2019 lalu. Langkah ekspansif Brembo tak berhenti di situ, karena pada tahun 2003, pabrikan ini bermitra dengan Daimler Chrysler AG untuk membentuk Brembo Ceramic Brake Systems SpA.

Perusahaan patungan tersebut fokus pengembangan teknologi dan pembuatan produk rem dari keramik karbon. Empat tahun kemudian atau tepatnya pada tahun 2007, Brembo membeli divisi Rem Internasional Hayes Lemmerz. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This