Denso Recall 3,53 Juta Fuel Pump, Sejumlah Merek Mobil Terdampak

Denso Recall 3,53 Juta Fuel Pump, Sejumlah Merek Mobil Terdampak
Ilustrasi, Fuel Pump -dok.Subaru Complaints

Washington, Motoris – Produsen suku cadang otomotif terbesar asal Kariya, Aichi, Jepang – Denso Corporation – memperluas penarikan (recall) pompa bahan bakar (fuel pump) yang digunakan oleh sejumlah model mobil yang dibuat sejumlah pabrikan. Jika pada bulan Oktober lalu, total jumlah yang ditarik masih 2 juta unit, kini bertambah menjadi 3,53 juta unit.

Seperti dilaporkan laman Auto News dan Autoblog, Rabu (25/11/2020) dalam laporannya kepada Lembaga Keselamatan Lalu-lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat, Denso menyebut impeler pompa bahan bakar bertekanan rendah yang ada di sejumlah mobil yang menggunakannya dapat berubah bentuk dalam kondisi tertentu. Akibarnya, peranti ini tak berfungsi, sehingga mengakibatkan mesin mobil tiba-tiba mati dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Ilustrasi, kantor pusat Denso – dok.Denso Global

Denso yang berdiri sejak tahun 1949 itu, masih terafiliasi dengan Toyota Group. Namun, total penjualannya ke pabrikan merek Toyota kurang dari 50%. Kendati, dalam kasus bermasalahnya pompa bahan bakar ini, sejumlah mobil Toyota juga terdampak.

Selain Toyota ada sejumlah mobil buatan pabrikan yang menggunakannya. Mereka adalah, mobil buatan Honda, Ford, Subarus, dan Mitsubish. Hanya, pengumuman NHTSA tidak merilis secara rinci mobil-mobil yang menggunakan fuel pump Denso yang bermasalah tersebut.

Laporan cuma menyebut bahwa unit mobil yang terdampak masalah itu merupakan model yang dibuat pada tahun 2013 hingga tahun 2020. Itu pun mobil jenis tertentu dari masing-masing merek yang masuk dalam daftar recall Denso. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This