Kongsi Cummins-Foton Produksi Perangkat Pengolah Asap Knalpot Truk

Kongsi Cummins-Foton Produksi Perangkat Pengolah Asap Knalpot Truk
Ilustrasi, truk Foton yang menggunakan mesin buatan kongsi Cummins-Foton di Cina - dok.Youtube

Beijing, Motoris – Memperluas kerjasama yang dijalin tahun 2007 dan 2014, kini pabrikan mesin asal Amerika Serikat, Cummins Inc kembali memperluas kolaborasi itu. Pada 18 Desember kemarin keduanya meneken perjanjian kerjasama untuk mengembangkan sistem pengolahan gas buang truk berteknologi canggih.

Seperti dilaporkan laman Chinatrucks, Rabu (23/12/2020), General Manager Foton Gong Yueqiong menyebut dengan kerjasama itu, Foton bakal menghasilkan kendaraan komersial yang memiliki tingkat emisi gas buang dengan besaran yang ramah lingkungan. Dengan berkolaborasi dengan Cummins, lanjut Yueqiong, kendaraan buatan Foton bakal memiliki kinerja yang terbaik.

“Karena kami sadar sepenuhnya terhadap dampak besar emisi karbon, dan kami berkomitmen untuk mengurangi jejak karbon, kami bertujuan untuk menciptakan situasi win-win bagi kedua belah pihak (antara Foton dengan Cummins),” kata dia.

Ilustrasi, truk Foton kanan) di jalan tol Jakarta Utara- dok.Motoris

Dalam kerjasama ini, masing-masing pihak memiliki 50% saham dengan investasi awal sebesar 250 juta renminbi. Perusahaan baru ini berkolasi di dekat pabrik Foton Cummins Engine yang berada di Shahe, Xingtei, Provinsi Hebei, Cina.

Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi perangkat pengelohan emsi gas buang itu hingga 200.000 unit. Pabrik mulai beroperasi pada kuartal kedua tahun 2021 nanti.

Sekadar catatan, pada tahun 2007 Foton dan Cummins bersama-sama mendirikan Foton Cummins Engine Co.Ltd yang kemudian dikenal dengan nama Foton Cummins. Pada tahun 2014, kedua pihak memperluas wilayah kerja sama dan membangun pabrik yang memproduksi mesin untuk kendaraan berat.

Ilustrasi, mesin hasil buatan Cummins bersama Foton di Cina – dok.MarkLines

Cummins yang didirikan pada tahun 1919 itu, bersama Foton dalam perusahaan Foton Cummins telah menjual lebih dari satu juta mesin diesel dan gas alam kepada pelanggannya di seluruh dunia. Selain itu, truk berat Foton bermesin X12 yang dikembangkan bersama Cummins telah merambah pasar di berbagai belahan dunia. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This