Industri Mobil Rontok, Produsen Ban Michelin akan Kurangi 2.300 Pekerja

Industri Mobil Rontok, Produsen Ban Michelin akan Kurangi 2.300 Pekerja
Ilustrasi ban Michelin-dok.evo.co.uk

Paris, Motoris – Produsen ban asal Prancis, Michelin, Rabu (6/1/2021) mengumumkan pemangkasan jumlah pekerjaan, hingga 2.300 pekerja selama tiga tahun. Kebijakan itu disebut sebagai bagian dari penyederhanaan operasi dan meningkatkan daya saing di Prancis.

Namun, seperti dilaporkan Reuters, Rabu (6/1/2021), Michelin menegaskan pemangkasan jumlah pekerjaan itu tidak akan melibatkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara langsung, maupun penutupan pabrik. Jumlah pekerja yang bakal dikurangi itu, 1.100 posisi di kantor dan 1.200 orang berada di pabrik.

“Hampir 60% dari pengurangan pekerjaan tersebut akan didasarkan pada skema pensiun dini sukarela,” bunyi pernyataan pabrikan seperti disiarkan stasun radio kondang di Paris, RTL, Rabu (6/1/2021).

Jumlah pekerja yang bakal dirumahkan itu hampir 2% dari tenaga kerja Michelin secara global. Pabrikan yang berdiri sejak 28 Mei 1889 itu hingga kini memiliki 127.000 orang pekerja di seluruh dunia, yang 20.000 orang di antaranya berada di Perancis.

Proses produksi ban Michelin – dok.Twitter via Jafferson on Twitter

Michelin menyebut pandemi COVID-19 telah telah merontokkan industri otomotif, termasuk industri ban. Terlebih, pabrikan ban, kini tengah berada dalam transisi untuk beralih ke kendaraan listrik dari mesin diesel dan bensin.

Perusahaan yang didirikan André Michelin dan Édouard Michelin itu, saat ini akan semakin fokus pada sektor-sektor yang mencakup pengembangan hidrogen, pencetakan 3D, perekat dan daur ulang plastik. Pasalnya, produk-produk berbasis material dan teknologi itu, kini tengah marak dan berpotensi menjadi tren dunia.

Ilustrasi, pabrik ban Michelin – dok.Istimewa via Tire Business

Sementara, dalam perdagangan di bursa saham Prancis, pada Rabu (6/1/2021) kemarin, harga saham Michelin naik 0,7% tidak lama setelah pasar saham dibuka. Besaran pertumbuhan harga itu mengungguli kenaikan indeks Paris CAC 40 yang sebesar 0,15%. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This