Hyundai Segera Luncurkan Kunci Digital Mobil Bagi Pengguna iPhone

Hyundai Segera Luncurkan Kunci Digital Mobil Bagi Pengguna iPhone
Kunci Digital mobil Hyundai - dok.Hyundai Motor Group Newsroom

Seoul, Motoris – Hyundai Motor Group (Hyundai) tahun ini akan memperkenalkan kunci pintar berteknologi digital yang bisa digunakan oleh para pengguna ponsel pintar iPhone. Kunci ini merupakan versi baru, setelah sebelumnya pabrikan asal Korea Selatan ini meluncurkan kunci digital meski baru bisa digunakan pada smartphone Android Samsung dan LG saja.

Seperti dilaporkan laman Business Korea, Kamis (14/1/2021), belum lama ini Hyundai Group telah mendapatkan Application Programming Interface (API) dari raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Apple Inc. API  – yang merupakan sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan untuk sistem operasi tertentu itu –  diberikan Apple kepada Hyundai untuk merealisasikan program kunci digital baru tersebut.

Kunci digital anyar Hyundai tersebut, menurut sumber internal pabrikan, memiliki kesamaan dengan kunci digital yang digunakan oleh BMW maupun Tesla. Kunci ini bisa digunakan oleh maksimal tiga orang.

Ilustrasi, kunci digital mobil Hyundai yang digunakan dengan ponsel Android untuk Hyundai Sonata – dok.Istimewa via CNET

Artinya jika dalam satu keluarga memiliki mobil Hyundai, maka tiga orang di keluarga tersebut dapat secara bersama-sama menggunakan kunci tersebut. Dengan kunci digital tersebut, pemilik mobil bisa membuka  atau mengunci mobil, serta menyalakan atau mematikan mesin kendaraan mereka melalui ponsel iPhone-nya, termasuk dari jarak jauh.

Sebelumnya, pada Juni 2020 lalu, BMW dan Tesla telah mendapatkan restu dari Apple Inc, untuk mengadopsi teknologi kunci digital bagi pengguna iPhone yang memiliki mobil mereka. Hanya saja, kunci digital BMW itu belum bisa digunakan oleh pengguna ponsel dengan sistem operasi Android.

Ilustrasi, Hyundai – dok.CTV News

Sementara di Tesla, teknologi itu diwujudkan dengan unduhan aplikasi. Pabrikan mobil listrik itu mengembangkan aplikasinya agar berbagai bagian kendaraannya dapat dikontrol dengan mudah melalui ponsel.

Namun, hingga kini, Hyundai belum memberikan informasi terkait jadwal peluncuran kunci digital anyarnya itu. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This