Paceklik Chip Mobil Diprediksi Masih Terjadi hingga Kuartal Tiga

Ilustrasi, proses produksi mobil Volkswagen- dok.Youtube


Taipei, Motoris – Kekurangan chip (semikonduktor) untuk mobil bagi industri global diperkirakan masih akan terjadi hingga kuartal. Meski pabrikan utama pemasok perangkat itu – yakni empat pabrikan asal Taiwan – telah melipatgandakan jumlah produksi dan berkonsentrasi memenuhi permintaan pabrikan mobil sekali pun.

Seperti dilaporkan laman NNA Business News, Rabu (3/2/2021) keempat produsen semikonduktor di Taiwan yakni Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC), United Microelectronics Corp. (UMC), Powerchip Semiconductor Manufacturing Corp (PSMC) dan Vanguard International Semiconductor Corp (VISC) berjanji akan membantu pabrikan otomotif dunia.

“Pasalnya, kelangkaan semikonduktor ini merupakan krisis tak terduga yang telah melumpuhkan produksi mobil di seluruh dunia,” tulis media itu mengutip sumber di Kementerian Ekonomi Taiwan.

Kantor pabrikan pembuat semikonduktor atau chip asal Taiwan, TSMC. Pabrikan ini dikenal sebagai produsen utama semikonduktor dunia untuk produktif otomotif dan lainnya – dok.Wccftech

Empat pabrikan itu bahkan menggunakan kapasitas produksi terpasang mereka secara penuh, untuk memproduksi peranti tesebut demi memasok kebutuhan produse mobil. Lebih dari itu, mereka juga bersedia berunding dengan klien mereka yang merupakan pabrikan non otomotif untuk mengurangi pasokan, demi menyelamatkan industri otomotif.

Seperti dilaporkan Taiwan Times, Rabu (3/2/2021), klien empat produsen semikonduktor itu juga banyak dari pabrikan non otomotif seperti pembuat telepn seluler dan komputer. Terlebih, selama pandemi Covid-19 permintaan dari pabrikan smartphone 5G, laptop, dan perangkat elektronik lainnya melonjak.

“Setelah bertemu dengan Menteri Ekonomi Taiwan Wang Mei-hua Rabu (3/2/2021) pembuat chip Taiwan itu mengatakan mereka akan bernegosiasi dengan klien mereka di sektor non-otomotif untuk menunda pengiriman pesanan atau meminta mereka mengurangi volume pesanan,” kata sumber yang dikitip NNA Business News.

Ilustrasi, produki mobil Honda di Malaysia – dok.Paultan.org

Hanya, meski para produsen semikonduktor atau chip – yang juga tercatat sebagai produsem utama dunia – itu telah berupaya keras membantu industri otomotif, namun kekurangan pasokan alias paceklik semikonduktor masih akan terjadi. Bahkan diprediksi berlangsung hingga awal kuartal ketiga.

Seperti diungkapkan peneliti senior dari Taiwan Institute of Economic Research (TIER) Liu Pei-chen, kekurangan chip mobil masih akan berlangsung selama enam bulan ke depan.

“Terlepas dari upaya mereka (empat produsen utama chip Tiawan itu), kekurangan akan terus berlanjut hingga akhir kuartal kedua atau awal kuartal ketiga. Karena pembuat chip saat ini sudah memenuhi batas kapasitas mereka sekarang, dan permintaan (kekurangan pasokan jumlahnya jauh) melebihi kapasitas produksi mereka,” kata dia.

Ilustrasi, proses produksi Ford Ranger Lariat – dok.Carscoops

Seperti diketahui kekurangan pasokan chip atau semikonduktor telah melanda perusahaan seperti Volkswagen AG, Subaru Corp, Toyota Motor Corp, Nissan Motor Co, Ford Motor Co, dan Fiat Chrysler. Merek ramai-ramai memangkas jumlah produksinya. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This