Go-Jek Caplok Tiga Perusahaan Teknologi Finansial

Go-Jek Caplok Tiga Perusahaan Teknologi Finansial
Nadiem Makarim (Kompas)

Jakarta, Motoris – Perusahaan teknologi Go-Jek makin brutal setelah meraup dana sekitar Rp 22 triliun dalam dua tahun belakangan. Setelah mengumumkan rencana penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham, Go-Jek mengumumkan akuisisi tiga perusahaan teknologi finansial alias fintech, yakni perusahaan jasa pembayaran Kartuku, payment gateway Midtrans, dan perusahaan simpan pinjam Mapan, kemarin.

Perusahaan, yang awalnya memasok jasa layanan angkutan online motor dan mobil ini, terus berekspansi ke jasa lain, seperti pengantar makanan dan pembayaran. Go-Jek menegaskan, akuisisi ini merupakan komponen vital untuk memimpin sektor pembayaran Indonesia.

“Melalui akuisisi ini, kami akan bekerja sama dengan tiga perusahaan itu yang akan membagikan visi dan etos kami,” ujar pendiri dan CEO Go-Jek Nadiem Makarim.

Nadiem menuturkan, acquisition itu akan menggenjot aktivitas pembayaran online dan offline Go-Jek. Saat ini, jasa layanan pembayaran Go-Jek, Go-Pay, cukup populer di Indonesia.

“Akuisisi ini akan dengan cepat mengakselerasi penerimaan dan kepemimpinan pasar Go-Pay di saluran offline melalui Kartuku, seperti juga di online melalui Midtrans dan pada saat yang dapat meningkatkan inklusi finansial melalui Mapan,” kata Andre Soelistyo, President at Go-Jek

Baca juga: Sukses Raup Rp 22T, Gojek Cari Duit Lagi di Pasar Modal

Go-Jek saat ini didukung oleh investor dunia kelas kakap, seperti KKR dan Warburg, yang banyak berinvestasi di sejumlah perusahaan terbuka di Indonesia. Tahun depan, Go-Jek akan berekspansi ke layanan pembayaran digital melalui Go-Pay. Pelan-pelan, Go-Jek beralih dari pemasok layanan ojek online (ojol) menjadi perusahaan jasa pengantar makanan terbesar di Indonesia.

Saat ini, pelanggan Go-Jek menggunakan Go-Pay untuk membayar sejumlah layanan di aplikasi. Visi besar Makarim adalah mengarahkan pengguna Go-Jek membayar kopi, berbelanja kebutuhan pokok, hingga membeli tiket melalui Go-Pay. (gbr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This