Apple Disebut Tengah Negosiasi Pasokan Baterai dengan CATL dan BYD

Gambar render mobil listrik otonom Apple iCar – dok.Promax via GaadiWaadi.com


California, Motoris – Apple Tech yang sejak beberapa tahun terakhir gencar dikabarkan akan memproduksi mobil listrik, kini disebut tengah berembuk dengan dua pabrikan baterai asal Cina yakni CATL dan BYD untuk memasok baterai ke pihaknya. Namun, pembicaraan saat ini masih berlangsung dan belum mencapai kesepakatan.

Informasi ini diungkap Reuters, Selasa (8/6/2021) dengan mengutip pernyataan empat orang yang mengetahui persis proses pembicaraan tersebut. “Apple sedang menjajaki penggunaan baterai lithium iron phosphate dalam kendaraan listrik yang rencananya akan diproduksinya, karena lebih murah dibandingkan dengan menggunakan baterai dari bahan nikel dan kobalt,” tulis Reuters.

Sejumlah sumber yang dikutip kantor berita itu mengatakan Apple telah mengembangkan mobil listrik berteknologi self-driving dan menargetkan memproduksinya pada tahun 2024 nanti. Pabrikan perangkat elektronik – termasuk gadget iPhone – kondang asal Amerika Serikat ini, menegaskan ingin menggunakan teknologi baterai hasil terobosannya.

Ilustrasi, CATL salah satu pabrikan pembuat baterai listrik terbesar duni asal Cina yang disebut-sebut akan memproduksi baterai di Indonesia – dok.PR Newswire

Namun, tidak diketahui secara jelas apakah dalam pembicaraannya dengan CATL dan BYD saat ini juga dibahas soal teknologi dan desain yang dimiliki Apple tersebut atau pasokan berupa baterai utuh yang dibuat oleh dua pabrikan asal Cina itu. Tetapi yang pasti, sebut laman resmi Nasdaq, pembicaraan soal baterai tersebut mencuat di tengah rencana pemerintah Amerika Serikat untuk menarik banyak produsen mobil listrik untuk menggenjot produksi di negerinya.

Presiden Joe Biden diketahui telah mengusulkan anggaran untuk mobil listrik senilai US $1,7 triliun. Anggaran ini termasuk US$174 miliar untuk meningkatkan pasar mobil listrik di domestik Negeri Paman Sam itu. Bahkan untuk stimulus pajak dan hibah bagi produsen baterai yang beroperasi di negara itu, dan lainnya.

Sekadar catatan, CATL saat ini diketahui sebagai produsen baterai listrik lion lithium terbesar di dunia. Sedangkan BYD (Build Your Dreams) merupakan pabrikan baterai keempat terbesar di dunia.

Ilustrasi, mobil listrik BYD – dok.Reuters

CATL yang berencana membangun pabrik baterai mobil besar baru di Shanghai ini, tahun 2020 lalu juga mengumumkan rencananya membangun pabrik di Indonesia. Nilai investasi yang digelonotorkan untuk perluan itu mencapai US$ 5 miliar. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This