Honda Bikin Sistem Navigasi di Sepatu untuk Para Tunanetra

Alat navigasi di sepatu untuk para tunanetra buatan Honda – dok.Istimewa


Shizuoka, Motoris – Honda Motor Company (Honda) baru-baru ini membuat perusahaan anyar, bernama Ashirase.Inc. Perusahaan ini memproduksi perangkat sistem navigasi khusus yang ditempatkan di sepatu untuk memandu para penyandng tunanetra.

“Ini merupakan unit bisnis pertama Honda yang muncul dari program penciptaan bisnis baru yang dirancang Honda di tengah pandemi. Penjualan produk baru berupa perangkat sistem navigasi bernama Ashirase tersebut akan dimulai sebelumnya pada 31 Maret 2023,” bunyi pernyataan Honda yang dilansir laman resmi pabrikan, belum lama ini.

Ashirase begitulah nama perangkat tersebut. Dia merupakan sistem navigasi yang menyajikan informasi rute berdasar Global Navigation Satellite System (GNSS). Cara kerjanya melalui sensor yang merekam arah gerak kaki pengguna.

Gerak kaki yang terekam oleh sensor itu disampaikan kevVibrator – yang dirancang untuk tetap sejajar dengan lapisan saraf kaki itu – dan getaran itu tersambung ke sistem aplikasi smartphone. Pada saat itulah, dari ponsel akan muncul suara yang memandu para pengguna ke arah yang dituju.

Sistem navigasi di sepatu buatan Honda – dok.Istimewa

Navigasi intuitif Ashirase itu, sebut Honda, akan membantu pengguna agar mereka berjalan dengan santai. Sensor vibrator tidak akan terhalangi gerakan tangan pengguna saat mereka memegang tongkat.

Honda menyebut kehadiran perangkat ini sangat dibutuhkan dan penting untuk membantu para penyandang tunanetra yang jumlahnya tidak sedikit. Di Jepang diperkirakan sebanyak 2 juta orang pada tahun 2030 nanti, tahun 2007 jumlahnya sebanyak 1,64 juta orang. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This