Hyundai Bersama LG Energy Solution Bangun Pabrik Baterai Listrik di RI

Ilustrasi, logo Hyundai-dok.Bloomberg via Timeslive.co_.za_

Jakarta, Motoris – Hyundai Motor Group bersama mitranya LG Energy Solution Ltd akan membangun usaha patungan yang memproduksi baterai mobil listrik di Kawarang, Jawa Barat, Indonesia. Perusahaan kerjasama ini akan berfungsi mengamankan pasokan baterai bagi kendaraan listrik berbasis baterai (BEV).

“Kedua perusahaan telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan pemerintah Indonesia untuk mendirikan usaha patungan (joint venture) di Karawang untuk memproduksi sel baterai untuk BEV,” bunyi keterangan Hyundai Motor Group yang dirilis di Jakarta, Kamis (29/7/2021).

Pada Rabu (28/7/2021) kemarin, Presiden dan CEO Hyundai Mobis Sung Hwan Cho,dan , Presiden & CEO LG Energy Solution Sung Hwan Cho, menghadiri penandatanganan MoU yang diadakan di kantor pusat LG Energy Solution di Seoul. Acara itu juga dihadiri secara virtual oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Presiden Direktur Indonesia Battery Corporation (IBC) Toto Nugroho.

Dua pabrikan Korea Selatan itu akan menginvestasikan total US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp15,9 triliun dalam perusahaan patungan untuk membangun pabrik sel baterai di Karawang, Indonesia. Porsi saham masing-masing 50% : 50%.

Ilustrasi, baterai mobil listrik buatan LG Energy Solution anak perusahaan LG Chem – dok.Istimewa

Pemerintah Indonesia akan memberikan berbagai insentif dan penghargaan untuk mendukung operasi pembangkit yang stabil. Sedangkan pabrik akan dibangun mulai kuartal keempat tahun ini, dan diperperkirakan rampung pada paruh pertama 2023.

“Produksi massal sel baterai di fasilitas baru diharapkan akan dimulai pada paruh pertama tahun 2024,” sebut Hyundai Group.

Pabrik sel baterai baru di Karawang akan dibangun di atas lahan seluas 330.000 meter persegi. Ketika beroperasi penuh, fasilitas ini diharapkan menghasilkan total 10 GWh sel baterai lithium-ion NCMA setiap tahun, cukup untuk lebih dari 150.000 BEV. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This