CATL Bikin Varian Baru Baterai Listrik, Ion Sodium

Ilustrasi, CATL salah satu pabrikan pembuat baterai listrik terbesar duni asal Cina – dok.PR Newswire


Fujian, Motoris
– Produsen baterai listrik terbesar di dunia, Contemporary Amperex Technology Co., Limited (CATL), Kamis (29/7/2021) mengumumkan hasil inovasi barunya. Pabrikan asal Ningde, Fujian, Cina itu meluncurkan paket baterai anyar yang mengintegrasikan baterai sodium ion dan lithium ion.

Seperti dilaporkan Reuters dan US News, Kamis (29/7/2021), pabrikan yang didirikan pada tahun 2011 itu menegaskan, pihaknya bakal membangun rantai pasokan untuk teknologi baterai baru itu pada tahun 2023 nanti. Hanya, CATL belum mengungkap secara rinci baterai tersebut.

Namun, pabrikan yang mengklaim memiliki 5.000 orang peneliti itu mengungkap baterai jenis anyar yang juga dihasilkan para pakarnya, yakni baterai natrium ion. Baterai ini tidak mengandung lithium, kobalt, atau nikel.

Ilustrasi, kantor pusat CATL di Ningde, Fujian, Cina – dok.Automotivenews

Meski, pabrikan yang didirikan oleh Robin Zeng itu belum menyebut soal harga. Tetapi, seperti dikatakan Wakil Kepala Pusat Penelitian CATL, Huang Qisen, meski kepadatan energi baterai natrium-ion lebih rendah dibanding baterai lithium iron phosphate (LFP), namun memiliki keunggulan berkinerja baik di cuaca adingin dan proses pengisian dayanya cepat.

CATL saat ini tercatat sebagai pabrikan baterai terbesar di dunia berdasar penjualan produk dengan penguasaan pasar senilai US$ 200 miliar. Dia bersaing ketat dengan LG Chem (Korea) dan Panasonic (Jepang).

Perusahaan dengan jumlah karyawan 33.078 orang ini menyebut, pihaknya harus terus memacu diri untuk terus berinovasi menyediakan berbagai alternatif produk baterai. Sebab, pada saat kendaraan listrik menjadi semakin populer nanti, permintaan bahan utama baterai, terutama kobalt, telah melonjak.

Ilustrasi, baterai mobil listrik – dok.CAR Magazine

“Itu telah mendorong pembuat mobil dan baterai untuk mencari alternatif untuk tiga teknologi utama saat ini – baterai nikel-kobalt-aluminium (NCA), nikel-kobalt-mangan (NCM) dan lithium iron phosphate (LFP),” klaim CATL. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This