Google Investasi US$ 100 Juta di Go-Jek

Google Investasi US$ 100 Juta di Go-Jek
Ilustrasii Go-Jek

Jakarta, Motoris – Raksasa teknologi dunia, Google, menginvestasikan dana sekitar US$ 100 juta di perusahaan penyedia layanan transportasi terkemuka Indonesia, Go-Jek. Ini merupakan bagian dari rencana besar Google menikmati gurihnya ekonomi digital serta booming perusahaan rintisan (startup) di Indonesia.

“Go-Jek dipimpin oleh manajemen kuat dan memiliki rekam jejak baik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan masyarakat,” ujar Caesar Sengupta, wakil presiden Google Next Billion Users Initiative, seperti dilansir CNBC, Senin (29/1).

Google Next Billion Users Initiative adalah divisi khusus perusahaan itu untuk menambah pengguna baru hingga miliaran di seluruh dunia. Caesar menilai, investasi di Go-Jek membawa Google bermitra dengan jawara lokal startup Indonesia sekaligus menunjukkan komitmen besar Google di ekonomi digital Indonesia.

Google memang tak mengungkap investasi yang dipasok ke Go-Jek. Namun, berdasarkan hitungan Reuters, nilainya sekitar US$ 100 juta. Selanjutnya, Reuters dan TechCrunch melaporkan, investasi Google itu merupakan bagian dari penggalangan dana US$ 1,2 miliar Go-Jek. Sejauh ini, program itu mampu menarik perusahaan investasi kakap, seperti Temasek Singapura dan perusahaan internet Tiongkok Meituan-Dianping.

Go-Jek divaluasi US$ 3 miliar Mei 2017, setelah investasi US$ 1,2 miliar masuk, yang dipimpin oleh Tencent. Adapun pada 2016, Go-Jek mendapatkan pasokan dana US$ 550 juta yang dipimpin oleh KKR dan Warburg, perusahaan pengelola dana global. Bulan lalu, Go-Jek berekspansi dengan membeli tiga perusahaan teknologi keuangan, sebagai bagian dari rencana menjadi perusahaan pembayaran. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This