Bos Geely Solo Karir Beli Saham Daimler Rp 121 T

Bos Geely Solo Karir Beli Saham Daimler Rp 121 T
Ilustrasi Daimler AG (Bloomberg)

Jakarta, Motoris – Pendiri Zhejiang Geely Holding Group Co. Li Shufu membeli 9,7% saham raksasa otomotif Jerman, Daimler AG, yang merupakan induk usaha Mercedes-Benz (Mercy), sendirian. Konglomerat Tiongkok itu menghabiskan dana US$ 9 miliar alias Rp 121,5 triliun.

Seperti dilansir Bloomberg, belum lama ini, Li menjadi satu-satunya investor individu dengan kepemilikan saham terbesar. Hebatnya lagi, Li membeli saham Daimler di bursa saham, bukan dari pemegang saham lain atau saham baru yang diterbitkan Daimler. Itu artinya, lelaki 54 tahun ini memang sangat berniat untuk membeli saham Daimler.

Media global menilai, pembelian saham ini menandai penetrasi lanjutan Geely di pasar mobil premium Eropa, sekaligus menimbulkan spekulasi akan ada kerja sama antara Geely dan Daimler. Saat ini, Geely sudah memiliki Volvo, salah satu saingan Mercy.

“Masuknya bos Geely ke Daimler akan mendorong kerja sama, salah satunya di mobil listrik. Ini juga membuka jalan bagi Tiongkok untuk masuk Daimler,” kata analis Landesbank Baden Frank Biller.

Baca juga: Geely Tawar Daimler Rp 60,8 T, Tapi Ditolak

FOLLOW IG @MotorisIndonesia-Geely sebagai perusahaan pernah menawar saham kepemilikan Daimler, tapi ditolak, November 2017. (MOTORIS)

Bos Geely membiayai transaksi itu dari utang, penjualan saham perusahaan lain, dan instrumen keuangan lainnya di luar negeri, tanpa dana domestik dari Tiongkok.

Sementara itu, Li dalam keterangan resmi mengaku memiliki komitmen jangka panjang di Daimler. Namun, sejauh ini, tak ada rencana Geely ataupun unit bisnisnya untuk menambah saham Daimler.

Geely sebelumnya melobi Daimler untuk menerbitkan saham baru yang bakal dicaplok perusahaan itu. Sayang, Daimler menolak permintaan itu. Tapi, Geely tak patah semangat. Sang bos akhirnya memutuskan gerilya di pasar saham untuk mengakumulasi saham Daimler. (gbr)

Baca juga: Sebelum Daimler, Geely Ternyata Mengincar Beli Fiat-Chrysler

CATEGORIES
TAGS
Share This