Uji Coba Tilang Elektronik buat Pelanggaran Turun 50%

Uji Coba Tilang Elektronik buat Pelanggaran Turun 50%
Ilustrasi, kamera pengawas jalan raya - dok.chichester Post

Jakarta, Motoris – Sejak diberlakukan uji coba electronic traffic law enforcement (E-TLE) atau sistem tilang elektronik 1 Oktober hingga 10 Oktober ternyata telah memberikan dampak positif yang signifikan. Jumlah pelanggaran menurun drastis, sedangkan ketertiban pengguna ruas jalan di mana sistem itu berlaku juga meningkat.

“Sampai hari ini (Rabu, 10 Oktober 2018), kalau dibanding sebelum uji coba, peurunan pelanggaran lalu-lintas di jalan menurun sampai 50%. Dari sekitar 100 pelanggaran yang terjadi waktu sebelumnya pada rentang waktu yang sama menjadi sekitar 50-an lah,” papar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Pol.Yusuf, saat dikonfirmasi, Rabu (10/10/2018) sore.

Pelanggar terbanyak hingga hari itu, lanjut Yusuf, adalah kendaraan pribadi atau milik sipil. Selain ada kendaraan milik aparat Polri dan TNI. “Kalau asal kendaraan terbanyak dari wilayah Polda Metro Jaya, sekitar 99%, lebih,” kata Yusuf.

Pemberitahuan tentang pemberlakuan tilang elektronik di salah satu sudut kota Jakarta – dok.Motoris

Namun, sampai saat ini penindakan masih belum dilakukan karena masih dalam uji coba. Kepada pelanggar diberikan teguran dan pengarahan soal akibat-akibat fatal yang dilakukannya saat melanggar lalu-lintas.

Dengan hasil yang positif ini, Polda Metro Jaya berharap sistem penegakan hukum tersebut diteruskan. Meski, juga terus dilakukan penyempurnaan dalam proses tindak lanjut dari penegakan hukum itu, misalnya bagi kendaraan yang telah berganti pemilik. (Ara)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia dan TWITTER @MotorisID, buat update grafis otomotif terkini lainnya. “Nissan Indonesia Ketiban Berkah Mitsubishi. “

CATEGORIES
TAGS
Share This