Ingat, Mulai November Tilang Elektronik Berlaku

Ingat, Mulai November Tilang Elektronik Berlaku
Ilustrasi, kamera pengawas jalan raya - dok.chichester Post

Jakarta, Motoris – Pihak kepolisian telah mengonfirmasi bahw sistem tilang Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) mulai berlaku efektif pada 1 November nanti. Sehingga, pengendara yang melangar dan tertangkap kamera CCTV maka penindakan langsung berlaku.

Untuk mengenjot sosialisasi, jajaran Polda Metro Jaya juga sudah menyebar 1.000 brosur. Sampai saat ini pun proses pengenalan juga masih terus berlanjut.

“Kita siap terapkan awal November. Saat ini uji coba lalu tahap sosialisasi dan ketiga kita mulai implementasi. Jadi 1 November yang melanggar sudah bisa kita tindak langsung,” ucap Direktur Lalu lintas Polda Metro Jya Kombes Yusuf saat dikonfrimasi Motoris, Kamis (18/10/2018).

Persiapannya, lanjut dia, sudah mendekati 95 persen. Meski begitu, polisi masih terus melakukan beberapa penyempurnaan terkait mekanisme sistem tilang.

Pemberitahuan tentang pemberlakuan tilang elektronik di salah satu sudut kota Jakarta – dok.Motoris

Mulai dari mengalibrasi tingkat keakurasian CCTV, sampai pengembangan website untuk proses klarifikasi pelanggar.

“Website sudah hampir selesai, jadi nanti mereka yang melanggar setelah kita kirim surat konfirmasi dan bukti, mereka diwajibkan mengklarifikasi melalui website. Setelah itu baru surat tilang kita terbitkan untuk mereka membayar denda,” kata Yusuf.

Para pelanggar diberikan waktu tujuh hari untuk klarifikasi, lebih dari itu STNK akan langsung diblokir. Bila proses klarifikasi dilakukan dan surat tilang diedarkan, pelanggar juga punya waktu tujuh hari untuk melunasi.

Dengan adanya sistem tilang E-TLE, maka tidak ada lagi polisi yang akan melakukan penindakan di lapangan. Untuk sementara waktu, proses tilang E-TLE ini baru berlaku dikawasan MH Thamrin dan jalan Sudirman. (Sql)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This