Luhut Usul ada Pos di APBN untuk Beli Kendaraan Listrik

Luhut Usul ada Pos di APBN untuk Beli Kendaraan Listrik
Presiden Joko Widodo mencoba mengendarai skuter listrik Gesits berkeliling kompleks Istana Kepresidenan - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengusulkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar ada alokasi dana khusus di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 untuk membeli kendaraan listrik. Dengan begitu permintaan kendaraan bersumber tenaga dari arus setrum – baik mobil maupun sepeda motor – terjadi.

Seperti diungkapkan Luhut, jika permintaan kendaraan bertenaga listrik tersebut tumbuh, maka akan merangsang minat industri otomotif untuk memproduksi. Kendaraan listrik itu diutamakan yang buatan industri dalam negeri.

“Saya tadi melapor ke Bapak Presiden (Joko Widodo/Jokowi) bahwa di APBN tahun depan (tahun 2020) , ada dana untuk pembelian sepeda motor dan mobil listrik, yang buatan (industri lokal) Indonesia),” papar dia usai melapor Jokowi, di Jakarta, Sealasa (13/8/2019).

Pembelian kendaraan tersebut untuk keperluan operasional dinas di kantor intansi pemerintah pusat maupun di daerah. Namun, untuk daerah, baru akan dilakukan di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Skuter lisrik (Skutrik) buatan anak negeri, Gesits, yang diluncurkan di IIMS 2019 resmi dipasarkan – dok.Motoris

Pasalnya, dari segi infrastruktur – terutama stasiun pengisian daya atau baterai kendaraan listrik baik motor maupun mobil – DKI Jakarta dinilai lebih siap. “Kalau daerah lain kan belum siap,” ucap mantan Menko Polhukam itu.

Siring dengan upaya peasyarakatan kendaraan listrik tersebut, lanjut Luhut, pemerintah juga terus melakukan pembangunan infrastruktur. Caranya, dengan menggandeng investor. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This