Catat Nih, Langgar Batas Kecepatan di Tol Bakal Ditilang

Catat Nih, Langgar Batas Kecepatan di Tol Bakal Ditilang
Ilustrasi, mengemudi mobil di jalan tol - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya dan PT Jasa Marga membuat terobosan untuk mencegah terjadinta kecelakaan di jalan tol. Kedua intansi bersepakat untuk menerapkan tilang tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di jalan bebas hambatan mulai diberlakukan Oktober nanti.

Seperti diungkapkan Kepala Seksi STNK Subdirektorat Registrasi dan identifikasi (Regident) Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Arif Fazrulrrahman, pemberlakuan aturan tersebut didasari fakta banyaknya kecelakaan di jalan tol. Bahkan, tak sedikit yang merenggut jiwa pengguna jalan.

“Awalnya berangkat dari banyak kecelakaan, dan ternyata kami dengan Jasa Marga sepaham bahwa akan menerapkan tilang elektronik di jalan tol,” tutur Arif, di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Jenis pelanggaran yang akan menjadi fokus utama untuk ditindak adalah laju kendaraan yang meleihi batas kecepatan atau over speed. Selain itu, alpanya penggunaan sabuk keselamatan, serta mengemudi sambil menggunakan ponsel.

Ilustrasi perilaku di jalan tol yang tidak mengindahkan aturan batasan kecepatan, kecepatan maksimum di jalan tol adalah 100 kilometer per jam – dok.Motoris

“Karena di jalan tol sendiri ada aturan soal batas kecepatan, dan yang melebihi batas itu akan kena tilang elektronik. Kamera yang dimiliki Jasa Marga ternyata sudah bisa melakukan atau menangkap mobil yang over speed,” jelas Arif.

Ruas jalan tol yang akan dipasangi kamera untuk tilang elektronik hanya di ruas jalan bebas hambatan di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Namun, kebijakan ini tidak hanya berlaku bagi mobil asal wilayah hukum Polda Metro Jaya alias berpelat nomor “B” saja.

“Berlaku untuk semua mobil dari mana saja. Tidak hanya yang ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya saja, di luar plat B juga tetap kena tilang elektronik,” imbuh Arif. (Kpr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This