Siap-siap, Operasi Zebra 2019 Digelar Pekan Ini

Siap-siap, Operasi Zebra 2019 Digelar Pekan Ini
Ilustrasi, arus lalu-lintas di Jalan Sudirman menuju Jalan MH Thamrin Jakarta, - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polrikembali akan menggelar operasi ketertiban lalu-lintas tahun, atau Operasi Zebra. Rencananya, operasi ini dilakukan 23 Oktober hingga 5 November lusa, di seluruh wilayah Indonesia.

Seperti diungkapkan Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri, Kombes Pol. Benjamin, penindakan operasi kewilayahan ini bersifat represif. Artinya, penindakan akan dilakukan secara tegas di tempat.

Selebihnya, atau 20 berupa persuasif dan preventif. Hal itu sejalan dengan tujuan yang ditetapkan, untuk menciptakan kondisi yang tertib menjelang akhir tahun di bidang lalu lintas.

“Terkait sasaran utamanya, akan lebih ke administrasi kendaran bermotor maupun pengemudi kendaraan bermotor. Kita fokuskan ke penindakan stationer. Tapi tidak menutup kemungkinan yang lain-lain dilaksanakan juga,” ungkap Benjamin di Jakarta, akhir pekan lalu.

Ilustrasi STNK dan BPKB – dok.Motoris

Pelanggaran lain terkait masalah administrasi kendaraan bermotor maupun pengemudi kendaraan bermotor, lanjut Benjamin, yang kerap terjadi aantara lain ketiadaan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) atau pelat nomor bermasalah. Selain itu terkait dengan Surat Izin Mengemudi (SIM), hingga segala hal yang berkaitan dengan pajak kendaraan bermotor.

“Operasi ini akan dilakukan serentak di seluruh wilayah atau Polda masing-masing daerah. Harapan kami bisa lebih baik lagi agar tercipta suasana yang aman dan nyaman buat masyarakat,” kata dia. (Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This