Segera Diluncurkan, Begini Kelebihan STNK Elektronik

Segera Diluncurkan, Begini Kelebihan STNK Elektronik
Ilustrasi STNK Elektronik - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Setelah meluncurkan tilang elektronik, Samsat online, dan Smart SIM, kini Korps Lalu-lintas Polri tengah menyiapkan surat tanda nomor kendaraan (STNK) elektronik alias E-STNK. Dijadwalkan, tak lama lagi meluncur.

Informasi itu diungkapkan Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regigent) Korlantas Polri, Brigjen Pol Halim Pagara. “Masih dalam tahap persiapan, akan kita luncurkan dalam waktu dekat,” kata dia di Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Keunggulan STNK elektronik ini, lanjut Halim, dapat diintegrasikan dengan aplikasi layanan lain seperti biaya parkir dan tol. Bahkan dapat mencatat pelanggaran pengemudi.

Selain itu bisa juga untuk transaksi pembayaran denda tilang. Termasuk dapat melakukan pencatatan besaran pajak kendaraan.

Ilustrasi, STNK yang beredar di masyarakat saat ini – dok.Motoris

STNK merupakan dokumen yang berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor yang berbentuk surat atau bentuk lain yang diterbitkan Polri. Dokumen ini berisi identitas pemilik, identitas kendaraan, serta masa berlaku termasuk pengesahannya.

Dokumen tersebut – sesuai dengan Undang-undang Lalu-lintas Nomor 22 Tahun 2009 – wajib dibawa atau selalu melekat dengan kendaraan saat sarana transportasi itu digunakan/dioperasikan di jalan. Keabsahannya atau masa berlakunya juga harus dipastikan masih berlangsung.

“Kita tunggu, semuanya sedang kami persiapkan mulai infrastruktur dan lain sebagainya, kami harap bisa segera diluncurkan,” imbuh Halim. (Kpr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS