Dishub DKI Siap Derek Mobil Warga yang Tak Punya Garasi

Dishub DKI Siap Derek Mobil Warga yang Tak Punya Garasi
Ilustrasi, larangan parkir di jalan - dok.Housing.com

Jakarta, Motoris – Tak hanya Depok saja yang bakal menerapkan wajib memiliki garasi bagi warga yang akan membeli mobil baru. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta rupanya sebelumnya telah menerapkan hal yang sama, meski sempat “menguap” tak terdengar kabarnya.

Dasar kebijakan DKI Jakarta itu adalah Perda Nomor 5 Tahun 2014 mengenai transportasi Pasal 140. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo,  menjelaskan aturan ini akan kembali dijalankan bagi warga DKI Jakarta, khususnya bagi yang akan membeli mobil baru.

“Kita sedang koordinasikan lagi saat ini, jadi nanti metodenya setiap mau beli mobil baru orang yang terkait ini wajib menyertakan surat pengantar yang menyatakan bila dia punya garasi atau lahan parkir dari kelurahan ke pihak leasing atau diler,” kata dia kepada Motoris, Senin (13/1/2020).

Dishub juga akan mengajak pihak kepolisian serta BPRD DKI Jakarta untuk bersama-sama menagani masalah ini. BPRD akan berperan menjadi jembatan untuk memberikan ketentuan syarat baru ke pihak pembiayaan mengenai keterangan kepemilikan lahan parkir tersebut.

“Wajib menyertakan surat pengantarnya dari kelurahan, kalau tidak nanti kemunkinan tidak bisa diproses permohonnanya. Sudah banyak juga mayarakat yang mengeluhkan soal parkir sembarangan karena tak punya garasi, sekarang kita atur wacanana seperti itu,” ujarnya.

Ilustrasi, mobil parkir di jalan – dok.Megapolitan Kompas

Untuk penindakan, menurut Syafrin nantinya Dishub akan melakukan derek mobil yang parkir sembarangan atau tak di garasi. Sanksi ini berlaku selama jalan yang digunakan merupakan jalan umum yang dikelola Pemda.

Sementara untuk sanksi administrasi seperti Depok sebesar Rp 2 juta tak diberlakukan lantaran memang tak ada ketentunya dalam Perda. Hanya saja mobil warga yang diderek nanti wajib membayar Rp 500.000 per hari, bila tidak langsung diambil maka denda tersebut akan terus terakumulasi. (Sql)

CATEGORIES
TAGS
Share This