Ingat, Bulan Depan Tilang Eletronik Berlaku di Jalur Busway

Ingat, Bulan Depan Tilang Eletronik Berlaku di Jalur Busway
Ilustrasi,,Jalur Busway di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta -dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mulai menerapkan tilang elektronik di jalur Trabsjakarta atau jalur busway pada bulan Februari 2020. Sebelum diberlakukan secara efektif, dilakukan sosialisasi selama sepekan.

Tilang Elektronik diberlakukan di koridor VI jurusan Ragunan-Dukuh Atas 2, mengingat jalur tersebut sering terjadi pelanggaran.“Kita ambil satu titik di koridor VI karena memang jalur tersebut sering digunakan kendaraan untuk masuk busway. Kedepan, harapannya semua koridor terpasang kamera ETLE,” ujar Direktur Lalu-lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Yusuf, tilang elektronik di jalur Transjakarta tidak hanya berlaku bagi sepeda motor, tapi juga mobil. Mekanismenyasama, baik bagi motor maupun mobil.

Pelanggar yang tertangkap kamera ETLE menerobos busway akan dikirimi surat konfirmasi ke alamat yang sesuai dengan surat tanda nomor kendaraan(STNK).

Ilustrasi jalur busway dan halte Transjakarta Tosari, Jalan Sudirman, Jakarta – dok.Motoris

“Fungsi kamera tilang elektronik guna mengawasi pelanggaran yang dilakukan pengemudi kendaraan dan meningkatkan ketertiban berlalu lintas. Selain itu, kamera tilang elektronik juga mempersempit ruang gerak bagi pelaku kejahatan atau pencuri kendaraan bermotor,” terang Yusuf.

Tilang elektronik sepeda motor dan mobil juga akan diterapkan di Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Selama ini kamera tersebut hanya merekam pelanggaran terhadap mobil, namun mulai Februari mendatang perekaman dan penilangan juga akan dilakukan terhadap sepeda motor yang melanggar.(Kpr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This