Tilang Elektronik untuk Motor Berlaku Mulai 1 Februari 

Tilang Elektronik untuk Motor Berlaku Mulai 1 Februari 
Ilustrasi, pesepeda motor melintas di Jalan Sudirman, Jakarta - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memastikan penerapan tilang elektronik untuk pengguna sepeda motor mulai 1 Februari nanti. Tahap awal, berlaku untuk kendaraan bermotor roda dua dengan pelat nomor B.

Ke depannya, seperti dijelaskan Direktur Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf, akan diterapkan untuk semua motor yang berdomisili atau berpelat nomor seluruh Indonesia.

“Apabila melanggar akan langsung tindak. Kamera ETLE itu langsung menangkap jenis pelanggaran apa yang dilakukan oleh pengguna motor itu,” ungkap Yusuf di Jakarta, Senin (27/1/2020).

ETLE untuk pemotor ini, kata dia, diberlakukan di semua wilayah atau jalan yang sebelumnya menerapkan tilang elektronik untuk pengguna mobil. Tepatnya, sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Pemberitahuan tentang pemberlakuan tilang elektronik di salah satu sudut kota Jakarta – dok.Motoris

“Kamera dan sistem penindakan tilangnya sama seperti yang diterapkan pada mobil. Hanya saja, fitur kameranya ditambah sehingga bisa menangkap pelanggaran yang dilakukan oleh pemotor,” tutur Yusuf.

Menurut dia, mulai 1 Februari nanti pengguna motor yang melanggar peraturan, mulai dari melanggar marka jalan, hingga tidak menggunakan helm akan langsung kena tilang elektronik.

“Mekanisme pengiriman bukti tilang, dan pembayarannya semua sama. Bahkan jika tidak membayar denda tilang, STNK motor itu akan diblokir,” imbuh Yusuf. (Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS