Tarif Tol Pondok Aren – Serpong Golongan I dan II Naik

Tarif Tol Pondok Aren – Serpong Golongan I dan II Naik
Iustrasi, jalan tol Serpong- dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Bintaro Serpong Damai (BSD) yang merupakan anak usaha PT Margautama Nusantara (MUN) mulai Sabtu (1/2/2020) pukul 00.00 WIB, menerapkan tarif baru – yang telah dikerek – untuk ruas Jalan Tol Pondok Aren – Serpong. Tarif untuk kendaraan golongan I dan II naik, tetapi untuk golongan III – V diturunkan.

“Penyesuaian ini sudah dipertimbangkan dengan matang, berdasar syarat-syarat yang ditetapkan dalam Undang-undang. Kami juga mempertimbangkan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Kemudian disesuaikan dengan besaran inflasi di Kota Tangerang Selatan selama dua tahun terakhir yang menurut Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 7,6%,” papar Direktur Utama Bintaro Serpong Damai, Purwotom saat menggelar konferensi pers, di Tangerang, Rabu (29/1/2020).

Dengan penyesuaian ini, maka tarif untuk kendaraan golongan I tarif yang sebelumnya Rp6.500 menjadi Rp7.000. Untuk golongan II dari Rp 11.500 dikerek menjadi Rp13.500.

Sedangkan untuk kendaraan golongan III, tarifnya diturunkan dari Rp 14.000 menjadi Rp 13.500. Sementara untuk kendaraan golongan IV, tarifnya diturunkan dari Rp 17.500 menjadi Rp 16.000. Begitu pula dengan kendaraan golongan V, tarifnya juga diturunkan, yakni dari Rp 21.000 menjadi Rp 16.000.

Ilustrasi, mengemudi mobil di jalan tol – dok.Motoris

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menyebut baik BPJT maupun BSD telah melaukan sosialiasi sebelum kebijakan itu berlaku efektif. Dia juga menegaskan, bahwa sebelum usulan penyesuaian tarif disetujui, pemerintah telah melakukan penilaian terhadap evaluasi atas pemenuhan seluruh Standar Pelayanan Minimal (SPM).

“Hasilnya, memang unsur-unsur itu terpenuhi. Dan sesuai dengan Undang-undang kan tarif itu bisa disesuiakan setelah dua tahun (dari tarif lama ditetapkan). Jadi, semua sudah sesuai prosedur dan ketentuan,” papar dia saat dihubungi, Rabu (29/1/2020).

Penyesuaian tarif ini jalan tol ini sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 1233/KPTS/M/2019 tentang penyesuaian tarif pada ruas Jalan Tol Pondok Aren – Serpong. (Tom/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS