Ingat, Hari Ini Tilang Elektronik untuk Motor Berlaku

Ingat, Hari Ini Tilang Elektronik untuk Motor Berlaku
Pemberitahuan tentang pemberlakuan tilang elektronik di salah satu sudut kota Jakarta - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Mulai hari ini, Sabtu (1/2/2020), penindakan pelanggaran lalu-lintas oleh sepeda motor melalui tilang elektronik (ETLE) resmi diberlakukan di Jakarta. Aturan ini berlaku di sejumlah ruas jalan.

Seperti diungkaplan Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar, penindakan itu menyasar pemotor yang melakukan pelanggaran atas larangan maupun kewajiban. Misalnya larangan melanggar marka jalan, lararangan melawan arus, atau kewajiban menggunakan helm, dan lain-lain.

“Pelanggar akan langsung dikenai penindakan (bukan lagi sekadar eringatan atau himbauan). Mekanismenya sama seperti tilang elektonik pada mobil,” tutur Fahri ketika dihubungi Motoris, di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Bagi sepeda motor yang bukanberpelat nomor B dan tertangkap kamera ETLE di Jakarta, maka data-datanya akan dikaji oleh petugas di markas utama. Kemudian, data tersebut diberikan ke petugas di lapangan untuk penindakan.

“Anggota akan melaporkan kendaraan ini melanggar ini, posisi sekarang ada di sini, ditindak sama anggota di lapangan. Jadi sementara manual dulu ditindaknya, ke depannya akan kena juga,” terang Fahri.

Ilustrasi, pesepda motor di Jalan Sudirman menuju Jalan MH Thamrin Jakarta – dok.Motoris

Tilang elektronik hanya bisa diberlakukan untuk kendaraan pelat B sebab Polda Metro Jaya hanya memiliki database kendaraan jenis ini. Mekanisme tilang elektronik yaitu mengirimkan surat tilang ke rumah pemilik kendaraan bila terjadi pelanggaran, hal ini bisa jadi sulit dilakukan Polda Metro Jaya untuk kendaraan di luar pelat B.

“Yang terdata di tempat kita adalah pelat B, karena kita punya databasenya, tetapi ke depan akan terus diperluas termasuk wilayah penerapannya,” tutup Fahri.(kpr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS