Kota Jember akan Berlakukan Tilang Elektronik

Kota Jember akan Berlakukan Tilang Elektronik
Ilustrasi, kamera CCTV pengawas jalan raya - dok.chichester Post

Jakarta, Motoris – Tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) kembali akan diberlakukan di luar DKI Jakarta, yakni Kota Jember. Kota yang berada di wilayah Jawa Rimur ini berencana mulai melakukan ujicoba ETLE di empat ruas jalan yang banyak pengguna kendaraan melanggar aturan lalu lintas.

Sebelum dimulai, akan melakukan sosialisasi dengan memberikan informasi seperti spanduk dan lain sebagainya kepada pengguna mobil dan sepeda motor yang melintas.

“Kita akan lakukan ujicoba dulu selama beberapa pekan, setelah itu akan lanjut ke penerapan,” tutur KBO Satlantas Polres Jember, Iptu Agus Yudi Kurniawan ketika dihubungi Motoris, Minggu (16/2/2020).

Kamera ETLE nanti akan dipasang di 5 titik persimpangan utama kota Jember, yakni di Simpang 4 Mangli, Simpang 4 Argopuro, Simpang 4 Pasar Tanjung, Simpang 4 SMP Negeri 2 dan Gladak Kembar.

Ilustrasi, pemberitahuan area tilang elektronik – dok.Motoris

“Kami melakukan pemasangan tulisan bahwa area ini diawasi kamera CCTV, selain untuk menekan angka pelanggaran kepada pengguna jalan, juga sosialisasi kepada masyarakat, bahwa kedepannya, di Jember juga akan diberlakukan tilang elektronik,” ujar dia.

Adanya penerapan tilang elektronik ini, lanjut Agus, diharapkan bisa menekan jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Dia berharap, masyarakat bisa bekerjasama agar program ini berjalan dengan lancar.

“Kami sudah mulai memasang kamera CCTV, jumlahnya cukup banyak dan segera akan dilakukan ujicoba dalam waktu dekat ini,” imbu dia. (Kpr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This