Sebulan Berlaku, Tilang Elektronik Jerat 2.293 Pemotor

Sebulan Berlaku, Tilang Elektronik Jerat 2.293 Pemotor
Ilustrasi, peringatan pemberlakuan tilang elektronik - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Kepolisian Daerah Metro Jaya telah memberlakukan tilang elektronik (ETLE) bagi kendaraan bermotor roda dua (sepeda motor) di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Dalam rentang sebuulan diberlakukan, hampir 3.000 pengendara motor terekam kamera pengintai (CCTV) terbukti melakukan pelanggaran.

“Sampai dengan hari Selasa, tanggal 3 Maret kemarin. Ya kita anggap saja satu bulan – berdasar pergantian bulan – ada 2.293 – 3.000 orang pengendara motor yang terbukti melakukan pelanggaran. Jenis pelanggarannya beragam,” papar Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu-lintas Pola Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar, saat dihubungi, di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Fahri menyebut, ada beberapa jenis pelanggaran yang ditindak tegas oleh petugas. Selain menerobos lamu isyarat lalu-lintas, pelanggaran terhadap marka jalan, tidak memakai helm, serta menyerobot jalur busway adalah beberapa jenis pelanggaran yang ditindak tegas.

Ilustrasi, pengemudi sepeda motor yang melintas di area Bundara HI Jakarta – dok.Motoris

“Dari jenis pelanggaran itu, yang terbanyak dilakukan oleh pengendara adalah memasuki jalur busway Transjakarta. Jumlahnya mencapai 1.128 pelanggar. Kemudian tidak memakai helm 849 pelanggar, pelanggar marka 258 orang, dan menerobos lampu lalu-lintas 58 pelanggar,” jelas dia.

Dengan penindakan secara tegas melalui perekaman secara elektronik itu, Fahri berharap masyarakat pengguna jalan semakin sadar betapa pentingnya tertib lalu-lintas. Sebab, lanjut dia, pelanggaran tidak hanya merugikan atau mengancam keselamatn mereka sendiri tetapi juga orang lain. (Mus/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This