Cegah Corona Meluas, Kemenhub Batalkan Mudik Bareng Gratis

Cegah Corona Meluas, Kemenhub Batalkan Mudik Bareng Gratis
Ilustrasi, armada bus untuk mudik gratis - dok.Poskotanews.com

Jakarta, Motoris – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang sedianya mulai membuka pendaftaran mudik gratis pada musim mudik lebaran 2020, pada Senin (23/3/2020) ini. Namun, alih-alih membuka pendaftarannya, Kemenhub justeru membatlkan program tersebut.

Seperti diungkapkan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, alasan pembatalan itu adalah untuk mencegah meluasnya paparan virus corona (Covid-19) yang kini juga marak terjadi di Tanah Air.

“Benar. Program mudik gratis ini kita hold dulu. Tidak jadi kita laksanakan untuk tahun ini. Bukan hanya yang disediakan oleh intsansi pemerintah dan BUMN saja, tetapi juga yang disediakan lembaga swasta, semua kita batalkan,” tandas dia saat dihubungi Motoris, di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Mantan Widya Iswara Korps Lalu-lintas Polri itu menyebut, dasar dari kepurusan ini bertambah kuat dengan adanya surat bernomor 13A Tahun 2020 yang diteken Kepala Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo tentang perpanjangan masa darurat Covid-19. Masa itu berlaku berlaku sejak 29 Februari 2020 sampai dengan 29 Mei 2020.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Keenhub, Budi Setiyadi (memegang miikropon)- dok.hubdat.dephub.go.id

“Iya, itu memang surat resmi dari Kepala BNPB sebagai dasar acuan pemberlakuan status tersebut. Sehingga, menjadi dasar kebijakan bagi BPNP maupun lembaga lain untuk mengambil tindakan atau langkah terkait dengan antisipasi maupun tindakan terkait dengan Covid-19 (wabah virus corona),” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat BNPB, Rita Rosita, saat dihubungi Motoris, Jumat (20/3/2020).

Dengan kondisi darurat tersebut, kata Budi, pemerintah tidak ingin berspekulasi terhadap kemungkinan penularan virus yang mematikan itu, ketika para pemudik salin berinteraksi. “Dalam kondisi darurat, pandemic yang terkadi saat ini, berkumpulnya massa atau orang dalam jumlah besar kan dihindari. Apalagi, di saat mudik itu kan banyak orang, jadi sangat dihindari,” kata Budi.

Sebelumnya, Kemenhub telah menyiapkan 1.317 bus dengan kapasitas 59.265 tempat duduk sebagai angkutan mudik bareng lebaran tahun 2020 ini. Selain itu, 111 truk juga telah disiapkan untuk mengangkut sepeda motor pemudik gratis tersebut yang diperkirakan sebanyak 4.995 unit.

Ilustrasi, Menhub Budi Karya Sumadi memberangkatkan mudik gartis 2019 – dok.Dephub.go.id

Kementerian rencananya menantarkan par pemudik tersebut ke 37 kota, baik di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, serta Sumatera. Pendaftaran untuk ikut serta program mudik gratis tersebut sedianya dibuka 23 Maret ini. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This