Polda Metro Jaya Tutup Sementara Layanan SIM

Polda Metro Jaya Tutup Sementara Layanan SIM
Ilustrasi SIM yang diterbitkan oleh Polda Metro Jaya - dok,Motoris

Jakarta, Motoris – Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya menutup sementara layanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi ( SIM) keliling mulai 24 Maret ini hingga 29 Mei 2020. Langkah ini bertujuan untuk membatasi kegiatan berkerumun di luar rumah sehingga potensi penyebaran virus corona bisa dicegah.

“Betul, kami tutup mulai hari ini layanan perpanjangan SIM Keliling maupun gerai SIM yang berada di mal-mal,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, saat dihubungi Motoris, di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Sambodo mengatakan, penutupan layanan tersebut juga seiring dengan perpanjangan masa tanggap darurat wabah virus corona yang ditetapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menyatakan masa tersebut diperpanjang hingga 29 Mei nanti. Selain itu juga menindaklanjuti surat telegram Kepala Korps Lalu-lintas bernomor ST/967/III/YAN.1.1./2020 yang ditujukan kepada seluruh Kapolda.

“Penutupan ini akan berlangsung sampai nanti setelah tanggap darurat selesai,” ujar dia.

Ilustrasi, SIM, STNK, dan BPKB – dok.Motoris

Sedangkan bagi masyarakat pemilik SIM yang masa berlakuknya telah habis di rentang waktu masa tanggap darurat virus corona, Ditlantas Polda Metro memberikan perpanjangan dispensasi. Mereka dapat memperpanjangnya setelah 29 Mei mendatang.

Dengan penutupan sementara layanan SIM tersebut maka dispensasi untuk SIM yang masa berlakuknya habis juga diperpanjang. Jika sebelumnya, dispensasi ini berlaku hingga 30 Maret, kini sampai 29 Mei mendatang.

Mereka, dapat melakukan perpanjangan setelah tanggal 29 Mei. “Atau pada saat situasi dinyatakan dalam keadaan normal dan satpas SIM dibuka kembali,” tulis Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri Brigjen Pol Yusuf dalam telegram seperti dilansit laman resmi NTMC Polri. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS