Diperpanjang Lagi, Jakarta Bebas Ganjil-genap Sampai 19 April

Diperpanjang Lagi, Jakarta Bebas Ganjil-genap Sampai 19 April
Ilustrasi, Jalan Jenderal Sudirman Jakarta - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyatakan perpanjangan masa beas dari aturan pelat nomor polisi ganjil – genap bagi kendaraan roda empat atau lebih yang melintasi jalanan Jakarta, dari semual hingga 5 April menjadi sampai 19 April. Aparat kepolisian – khususnya Direktorat Lalu-lintas Polda Metro Jaya – menyatakan siap melaksanakan kebijak tersebut.

“Kami telah mengetahui kebijakan pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut, sehingga sebagai pelaksana di lapangan akan menyesuaikan. Meski demikian, yang perlu dicatat oleh masyarakat pengguna jalan adalah, pelanggaran terhadap aturan lalu-lintas lainnya masih seperti biasa. Pelanggaran yang terekam oleh sistem elektroik (tilang elektronik) tetap akan ditindak berikut pemberan sanksinya,” papar Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP, Fahri Siregar, saat dihubungi Motoris, Sealasa (31/3/2020).

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan perpanjangan masa pembebasan dari aturan pelat nomor ganjil – genap itu merupakan bagian dari perpanjangan status tanggap darurat wilayah terhadap wabah virus corona (Covid-19).

Ilustrasi, kamera pengintai tilang elektronik bagi pelanggaran lalu-lintas di jalur busway di Jakarta – dok.Motoris

“Karena status tanggap darurat Jakarta akan kita perpanjang dari semula sampai dengan 5 April, diperanjang sampai dengan 19 April nanri,” kata Anies.

Pada bagian lain, Fahri Sitegar menyebut sejak pertengahan Maret yakni sejak diberlakukannya kebijakan Work Forom Home (WFH) bagi karyawan swasta maupun pegawai lembaga pemerintah, hingga 30 Maret kemarin kepadatan lalu-lintas di Jakarta menurun hingga 27 – 28% dibanding waktu sebelumnya.

“Begitu juga tingkat kejadian kecelakaan. Meski begitu, petugas di lapangan tetap siaga, karena pengguna kendaraan yang melintas juga masih ada,” ujar Fahri. (Sut/Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This