Ada Rekomendasi Batasi Akses Tol, Ini Kata Jasa Marga

Ada Rekomendasi Batasi Akses Tol, Ini Kata Jasa Marga
Ilustrasi, gerbang jalan tol ruas Jagorawi - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menerbitkan surat edaran berisi rekomendasi pembatasan seluruh akses dan angkutan umum rute Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona. Di surat bernomor SE 5 BPTJ Tahun 2020 itu ada sejumlah rekomendasi kebijakan untuk pembatasan angkutan umum hingga akses jalan tol.

“Selaku pemangku kepentingan bidang transportasi di wilayah Jabodetabek, maka dipandang perlu dilakukan pembatasan terhadap warga di wilayah Jabodetabek dan untuk melakukan perjalanan keluar dan masuk wilayah Jabodetabek melalui beberapa kebijakan,” salah satu bunyi surat yang diteken Kepala BPTJ Polana B Pramesti, Rabu (1/4/2020) itu.

Surat ini juga merekomendasikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta kepada Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) untuk secara secara parsial atau menyeluruh membatasi sarana transportasi di ruas jalan tol dan arteri nasional. Kepada Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR dan PT Jasa Marga diminta mengambil langkah untuk membatasi operasional angkutan.

Pembatasan juga akan dikerjasamakan dengan Dinas Perhubungan dan Korlantas Polri. Surat itu menjelaskan, pembatasan ini berlaku untuk seluruh mobil penumpang pribadi dan bus umum. Pembatasan di wilayah selatan akan dilakukan di pintu Tol Ciawi-Bogor, ramp on 1 dan 2, ramp on Cijago, jalur alternatif Cianjur-Bandung melalui jalan alternatif Cibubur, serta segmen Jalan Raya Bogor setelah Cibinong, dan Jalan Parung.

Gerbang tol Tangerang – dok.Motoris

Sedangkan penutupan akses masuk ruas tol dan arteri menuju arah timur dilakukan di akses pintu masuk Tol Kopo, arah Purwakarta dan Cipularang, dan semua ramp on ruas Tol Jakarta-Cikampek. Sedangkan penutupan di ruas tol arteri ialah pergerakan menuju arah barat di pintu masuk Tol Bitung, Karawaci, Tangerang, Kunciran, Karang Tengah Barat, Meruya, Ruas Jalan Daan Mogot, dan Ruas Jalan Joglo Raya.

Juru Bicara Keenterian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati yang dihubungi Motoris, di Jakarta, Rabu (1/4/2020) membenarkan ada surat edaran itu. Namun, sifat surat tersebut masih berupa imbauan atau rekomendasi.

Menanggapi kabar itu, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) menegaskan pihaknya menunggu kepastian.

Gerbang tol Pondok Ranji – Serpong – dok.Motoris

“Acuan kami adalah Peraturan Peerintah nomor 15 tahun 2005 yang menyebut, bahwa penutupan sementara jalan tol itu ditetapkan oleh menteri (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat),” kata dia saat dihubungi, Kamis (2/4/2020).

Heru memastikan  hingga hari ini operasional pelayanan jalan tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga masih berjalan seperti biasa. “Tidak ada perubahan,” ucap dia. (Fan/Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS