Polisi Pastikan Belum Ada Penutupan Akses ke Jabodetabek

Polisi Pastikan Belum Ada Penutupan Akses ke Jabodetabek
Ilustrasi, jalan tol - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Polisi memasyikan hingga kini belum ada pembatasan gerak atau penutupan akses  keluar maupun menuju wilayah Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi (Jabodetabek) terkait upaya mencegah penebaran virus corona (Covid-19).  Informasi seperti itu menyeruak di masyarakat menyusul munculnya surat edaran dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek  (BPTJ) yang merekomendasikan pembatasan akses maupun operasional kendaraan angkutan umum.

Kepala Bagian Operasi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Pol Benjamin menegaskan hingga hari ini belum ada pembatasan gerak atau pengurangan transportasi umum dan kendaraan pribadi, khusunya di wilayah Jabodetabek, dan sekitarnya. “Jangan panik, pastikan dulu semuanya terkonfirmasi. Kami pastikan sekarang itu tidak ada isu soal itu,” ungkap Benjamin saat dihubungi Motoris, Kamis (2/4/2020).

SEperti diketahui, BPTJ  dalam Surat Edaran (SE) Nomor 5 Tahun 2020 merekomendasikan Pembatasan Penggunaan Moda Transportasi untuk Mengurangi Pergerakan Orang dari dan ke wilayah Jabodetabek selama masa pandemi corona (Covid-19). Dalam surat itu, juga ada penutupan jalan di sejumlah akses dari dan ke wilayah Jabodetabek, baik jalan tol, arteri, nasional, sampai provinsi.

Ilustrasi, Jalan Sudirman kota Tangerang yang merupakan salah satu akses menuju DKI Jakarta – dok.Motoris

“Itu hanya sebagai rekomendasi menyusul adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” tutur Benjamin.

Benjamin melanjutkan, jika belum secara resmi mendapatkan persetujuan Kemenkes mengenai status PSBB Daerah, maka belum dapat melakukan pembatasan transportasi. “Jabodetabek kan belum, jadi sampai sekarang ini tidak ada. Semoga bisa berjalan lancar dan wabah ini segera usai,” imbuh dia.(Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS