Ikuti PSBB, Bebas Ganjil-genap di Jakarta Juga Diperpanjang

Ikuti PSBB, Bebas Ganjil-genap di Jakarta Juga Diperpanjang
Ilustrasi, pemberitahuan tentang wilayah pemberlakuan tilang elektronik di Jakarta - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sejalan dengan perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakara hingga tanggal 22 Mei nanti, pembebasan kendaraan bermotor roda empat atau lebih dari aturan ganjil-genap juga diperpanjang hingga batas masa itu. Artinya hingga 22 Mei nanti jalanan Jakarta bebas dari aturan ganjil-genap.

“Peniadaan pembatasan kendaraan bermotor dengan berdasar pelat nomor ganjil-genap yang masanyahabis 23 Mei ini, juga diperpanjang sesuai dengan perpanjagan masa PSBB. Setelah itu, nanti akan dilakukan evaluasi lagi apakah diperpanjang lagi atau tidak,” papar Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar saat dihubungi Motoris, di Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Fahri menegaskan, seiring dengan pembasan ganjil-gienap tersebut, maka petugas kepolisian juga tidak akan melakukan penilangan terkait dengan ganjil atau genap pelat nomor kendaraa yang berlalu-lalang. “Baik melalui tilang elektronik maupun secara langsung,” ucap Fahri.

Namun, aturan lalu-lintas lainnya tetap ditegakan. Misalnya, larangan melawan arus, menerobos lampu merah, membawa barang yang melebihi batasan yang diizinkan, atau memacu kendaraan melampui batas kecepatan yang diizinkan.

Ilustrasi,lalu-lintas di jalan Sudirman Jakarta sebelum masa PSBB- dok.Motoris

“Pelanggaran yang membahayakan bagi diri sendiri maupun orang lain tetap akan ditindak. Intinya aturan atau hukum tetap ditegakan,” kata Fahri.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka mencegah meluasnya wabah virus corona (Covid-19) hingga 22 Mei mendatang. Masa PSBB periode pertama yang mulai berlaku 10 April dan habis masanya pada Kamis (23/4/2020).

“PSBB diperpanjang selama 28 hari. Artinya ada periode kedua, yakni 24 April 2020 sampai 22 Mei 2020,” papar dia saat memberi keterangan kepada pers secara virtual, di Jakarta, Rabu (22/4/2020). (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS