Cegah Ulah Oknum Nakal, Gojek Gunakan Detektor Perangkat Ilegal

Cegah Ulah Oknum Nakal, Gojek Gunakan Detektor Perangkat Ilegal
Ilustrasi, Gojek - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek kini memiliki teknologi yang mampu mendeteksi perangkat illegal yang digunakan oknum tak bertanggung jawab dalam menjalankan ulah nakal seperti order fiktif. Peluncuran teknologi itu dalam rangka meningkatkan aspek keamanan dan kenyamanan terutama untuk melindungi para mitra yang bekerja secara jujur.

Seperti diungkap Head of Driver Operations – Trust & Safety Gojek, Kelvin Timotius, teknologi berupa machine learning dan kecerdasan buatan (artificial intelligent/AI) itu merupakan bagian dari Gojek Shield. Dengan teknologi ini, mitra pengemudi mendapatkan fitur lapor Ofik (Order Fiktif), Gak Pake Lama, serta teknologi untuk mendeteksi perangkat ilegal yang digunakan oknum nakal secara otomatis.

”(Teknologi ini) Dikembangkan berdasarkan aspirasi serta kebutuhan mitra driver di lapangan. Inovasi ini menjadikan sistem keamanan ekosistem Gojek semakin dapat diandalkan,” ungkap Kelvin dalam diskusi virtual, yang digelar di Jakarta, Selasa (13/10).

Ilustrasi mitra pengemudi Ojol Gojek tengah mengantar penumpang – dok.Motoris

Gojek sejak awal, lanjut dia, telah melarang penggunaan perangkat ilegal seperti Fake GPS dan Mod App atau aplikasi modifikasi. ”Maka melalui fitur-fitur ini, keamanan dan kenyamanan mitra dalam bekerja senantiasa terjaga, sehingga dapat turut meningkatkan kualitas layanan dan keamanan bagi pengguna ekosistem Gojek secara keseluruhan,” jelasnya.

Hasilnya, teknologi inovatif tersebut selain dimanfaatkan Gojek juga digunakan Polda Metro Jaya untuk mengungkap sindikat pembuat aplikasi ilegal. “Kolaborasi dengan teknologi Gojek SHIELD yang mampu mendeteksi penggunaan aplikasi terlarang kemudian dilaporkan kepada kepolisian merupakan suatu dukungan yang baik,” kata Kepala Sub Direktorat Cyber Crime – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, AKBP Dhany Aryanda.

Seorang pengemudi ojek online tengah menunggu oderan di pinggir jalan – dok.Motoris

Sehingga, kata dia, kepolisian dapat segera menindaklanjuti dan berhasil menangkap sindikat kriminal pembuat aplikasi ilegal yang beroperasi di Jabodetabek. Beberapa kasus telah berhasil diungkap dan proses penyelidikan atas kasus terkait telah selesai. (Chr)

CATEGORIES
TAGS
Share This