Libur Cuti Bersama, Operasi Angkutan Barang Jenis Ini Dibatasi

Libur Cuti Bersama, Operasi Angkutan Barang Jenis Ini Dibatasi
Ilustrasi, truk di jalan tol - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membatasi operasi angkutan barang jenis tertentu selama masa mudik (27 – 28 Oktober) dan masa balik 31 Oktober – 2 November) saat libur cuti bersama hari Maulid Nabi. Kebijakan ini untuk mengantisipasi terjadi lonjakan arus yang menyebabkan kemacetan dan sekaligus mengantisipasi potensi paparan virus corona.

Pembatasan operasi tersebut berlaku di jalan tol Jakarta-Cikampek. Angkutan barang jenisjenis tertentu itu akan dialihkan dari jalan tol menuju jalan arteri.

Kebijakan itu ditetapkan dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Nomor SE 22/AJ 201/DRDJ/2020 yang terbitkan Kamis (22/10/2020).

“Angkutan barang yang dikenakan pembatasan operasional adalah mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan, dan kereta gandengan, dan mobil barang yang digunakan untuk mengangkut bahan galian meliputi tanah, pasir, dan/atau batu, bahan tambang, dan bahan bangunan,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, di Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Ilustrasi, truk angkutan logistik – dok.Motoris

Rinciannya, mulai 27 Oktober 2020 pukul 12.00 WIB hingga 28 Oktober 2020 pukul 14.00 WIB mobil barang dari arah barat ke timur akan mulai dilakukan pemeriksaan, Mobil barang akan dikeluarkan di Gerbang Tol Cikarang Barat dan masuk kembali di Gerbang Tol Palimanan.

Kemudian, mulai 31 Oktober 2020 pukul 20.00 WIB hingga 2 November 2020 pukul 08.00 WIB, mobil barang dari arah timur ke barat akan mulai dilakukan pemeriksaan mobil barang untuk dikeluarkan di Gerbang Tol Palimanan IV dan masuk kembali di Gerbang Tol Cikarang Barat.

“Namun, pembatasan operasional angkutan barang ini akan memperhatikan juga kondisi di lapangan saat hari-H dan sesuai dengan diskresi dari Polri. Sehingga memungkinkan untuk dilakukan perubahan sewaktu-waktu berdasarkan evaluasi dan dinamika di lapangan,” ujar Budi.

Ilustrasi, mengemudi mobil di jalan tol – dok.Motoris

Selama masa arus mudik maupun balik libur panjang ini, pekerjaan konstruksi di sekitar main road jalan tol juga akan dihentikan sementara. Artinya, mulai 28 Oktober 2020 sampai dengan 1 November 2020 pekerjaan kontruksi yang ada dihentikan sementara. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This