Januari – September Pendapatan Blue Bird Masih Ambles 47,63%

Januari – September Pendapatan Blue Bird Masih Ambles 47,63%
Ilustrasi, armada Taksi Blue Bird - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Pendapatan perusahaan penyedia layanan transportasi – PT Blue Bird Tbk (BIRD) – yang dibukukan sepanjang Januari – September merosot hingga 47,63% dibanding pendapatan yang diraup di periode sama tahun lalu. Jika sepanjang sembilan pertama 2019 masih sebesar Rp 2,96 triliun, tahun ini hanya Rp 1,55 triliun.

Dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Selasa (27/10/2020) kemarin, Direktur Utama Blue Bird Noni Purnomo mengatakan, perusahannya sempat mencatatkan kenaikan pendapatan di kuartal ketiga (Juli – September). Di triwulan ketiga itu pendapatan yang dicatatkan mencapai Rp 401,56 miliar atau meroket 50,86% dibandig kuartal kedua (April-Juni), yang sebesar Rp 266,18 miliar.

Namun, pendapatan kuartal ketiga tersebut masih jauh di bawah pendapatan yang dihasilkan selama kuartal pertama. Saat itu, pedapatan yang masuk ke pundi-pundi Blue Bird mencapai Rp 885,18 miliar.

Ilustrasi, taksi listrik yang dioperasikan oleh Blue Bird – dok.Kompas.com

“Kenaikan pendapatan di periode Juli-September juga diiringi dengan cost management yang lebih baik dengan margin laba kotor di kuartal ketiga sebesar 12,1% dibandingkan kuartal kedua sebesar -0,5%,” kata dia.

Selain itu pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) alias pendapatan kotor di kuartal ketiga itu juga naik dibanding kuartal kedua. Jika di triwulan kedua masih sebesar Rp 7,5 miliar di kuartal ketiga sebesar Rp 69,1 miliar.

“Recovery yang terjadi di kuartal ketiga tahun ini membuktikan bahwa layanan Blue Bird masih dibutuhkan dan sangat relevan dengan kebutuhan akan transportasi di masa pandemi ini,” ujar Noni.

Kantor Blue Bird – dok.The Tickling Mind – WordPress.com

Dia menegaskan, salah satu kunci keberhasilan recovery BIRD adalah kemampuan Blue Bird untuk memberikan layanan yang mempraktikkan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, Blue Bird juga menunjukkan langkah efisiensi pengeluaran yang terjadi di seluruh lini. (Chr/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This