Jasa Marga Beri Sinyal Tarif Tol JORR Segera Naik

Jasa Marga Beri Sinyal Tarif Tol JORR Segera Naik
Iustrasi, situasi arus kendaraan di jalan Tol JORR - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Jasa Marga Tbk akan segera melakukan penyesuaian tarif tol Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang tarifnya terintegrasi dengan beberapa ruas tol lainnya. Pemberlakuan tarif sebelumnya sudah terjadi sejak dua tahun lalu.

“Dalam Waktu Dekat Akan Diberlakukan Penyesuaian Tarif Tol JORR 1, Jalan Tol Akses Tanjung Priok (ATP), dan Jalan Tol Pondok Aren – Ulujami,” bunyi pengumuman PT Jasa Marga di akun Twitter resmi perusahaan, yang dikutip, Jumat (30/10/2020).

Beberapa ruas tol terintegrasi yang tarifnya bakal disesuiakan, adalah ruas Penjaringan-Kebon Jeruk, Ulujami-Pondok Pinang, Taman Mini-Cikunir, dan Cakung-Rorotan. Kemudian ruas Kebon Jeruk-Ulujami, Pondok Pinang-Taman Mini, Cikunir-Cakung. Akses Tanjung Priok, Rorotan-Kebun Bawang, dan ruas Pondok Aren-Ulujami.

Ilustrasi, logo PT Jasamarga – dok.Motoris

Jika mengacu Undang-undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan – khususnya di pasal 48 ayat 1 – yang menyebut tarif jalan tol bisa disesuaikan setiap dua tahun sekali, maka penyesuaian tarif jalan tol JORR ini sah. Meski juga disertai catatan kenaikan tarif harus tetap mempertimbangkan Standar Pelayanan Minimum (SPM).

Seperti diketahui tarif jalan tol JORR terakhir kali dikerek naik pada 29 September 2018 dan berlaku mulai pukul 00.00 WIB di tanggal dan tahun itu. Saat itu untuk kali pertama mulai berlaku integrasi tarif Tol JORR sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 710/KPTS/M/2018 pada tanggal 14 September 2018.

Hanya, hingga kini Jasa Marga belum memberikan kepastian kapan pengerekan tarif tol JORR yang telah direncanakannya itu. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This