Seksi 1 Tol Cibitung-Cilincing Beroperasi Mulai Semester I 2021

Seksi 1 Tol Cibitung-Cilincing Beroperasi Mulai Semester I 2021
Jalan tol Cibitung - Cilincing Seksi 1 - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Seksi 1 atau Cibitung – Telaga Asih direncanakan mulai beroperasi pada semester pertama 2021. Kini, meski di tengah pandemi, pengerjaan proyek tetap terus berlangsung dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Untuk pembangunan seksi 1 JTCC, ruas tol Cibitung – Telaga Asih, ditargetkan selesai akhir tahun 2020 dan siap beroperasi di tahun 2021. Dan sebelumnya akan dilakukan uji layak operasi terlebih dahulu,” kata Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) Arif Suhartono,di Jakarta, Minggu (1/11/2020).

Menurut Arif, JTCC merupakan salah satu proyek strategis nasional yang pembangunannya menjadi prioritas. Pengerjaan proyek ini tetap berjalan, meski di tengah pandemi, karena berkat dukungan pemerintah khususnya kementerian terkait.

JTCC yang merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta II (JORR II) ini terdiri dari empat seksi. Keempatnya adalah seksi Cibitung – Telaga Asih ( dengan panjang 3,14 kilometer (km), Telaga Asih – Tambelang 10,30 km, Tambelang – Tarumajaya 14,3 km, dan Tarumajaya – Cilincing 7,10 km.

Proyek Jalan Tol Cibitung -Cilincing – dok.Kompas.com

Total investasi pembangunan JTCC disebut mencapai Rp10,8 triliun. Kini, lanjut Arif, proses pengerjaan proyek telah mencapai 78%, dimana pembebasan lahan jalan tol yang menghubungkan Pelabuhan Tanjung Priok dengan kawasan industri di timur Jakarta ini telah mencapai 90% dari yang direncanakan.

“Sisa pembebasan lahan ditargetkan selesai dalam waktu dekat,” imbuh dia.

Hanya, Arif tidak menyebutkan secara tegas kapan seksi 1 JTCC ini resmi dioperasikan. Namun, sumber di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) yang dihubungi di Jakarta, Minggu (1/11/2020) petang menyebut, pengoperasian direncanakan pada semster satu tahun depan, setelah dinyatakan layak uji coba. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This