SINAR: Perpanjang Masa Berlaku SIM Secara Online, Bisa via Ponsel

Ilustrasi, SIM A dan SIM C – dok.Motoris


Jakarta, Motoris– Proses pengurusan perpanjangan masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) dan pendaftaran (maupun sebagian uji) SIM baru kini semakin ringkat dan efisien, karena dilakukan secara online. Melalui aplikasi yang rencananya diluncurkan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri pada hari ini, Selasa (13/4/2021), layanan perpanjangan masa berlaku SIM yang bisa dilakukan di mana saja secara online, bahkan melalui telepon seluler (Ponsel).

Pasalnya, seperti dijelaskan aplikasi bernama SINAR – yang merupakan akronim dari SIM Nasional Presisi – itu tersedia di App Store atau Play Store Ponsel. Sehingga, proses layanan akan lebih mudah dan efisien, karena semua proses mulai dari pendaftaran, pemeriksaan berkas hingga tes kesehatan dan psikologui dilakukan secara online.

“SINAR merupakan aplikasi ini baru, yang berisi layanan perpanjangan SIM A dan C secara online tanpa kehadiran pemohon. Layanan uji teori sim secara online, lalu layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes,” ujar kata Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Pol.Tri Julianto Djatiutomo, dalam keterangan resmi yang dirilis via situs resmi Korlantas Polri, di Jakarta, dan dikutip Selasa (13/4/2021).

Ilustrasi, SIM, STNK, dan BPKB – dok.Motoris

Hanya, untuk pembuatan SIM baru, pemohon tetap harus datang ke Satpas SIM, belum 100% secara online. Sebab, mereka tetap harus menjalani ujian praktik. Sebelumnya, pemohon SIM baru ini harus lolos di pendaftaran atau registrasi online melalui aplikasi Sinar.

“Setelah itu, wajib datang ke satpas yang dipilih untuk melaksanakan uji praktek. Ketentuan ini berlaku bagi pemohon SIM untuk golongan A dan C,” kata Jati.

Cara pendaftaran dan proses
Sementara, untuk melakukan pendaftaran perpanjangan SIM melalui aplikasi SINAR itu, sebagai berikut:

Ilustrasi, proses mengajukan permohonan pembuatan SIM baru dan perpanjangan masa berlaku SIM lama-dok.Istimewa
  1. Download aplikasi
  2. Verifikasi nomor ponsel (OTP)
  3. Registrasi (NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan Selfie)
  4. Verifikasi NIK dan SIM
  5. Pilih jenis SIM dan lokasi Satpas
  6. Verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi
  7. Isi rekening pengembalian (jika terjadi pembatalan)
  8. Pilih metode pengiriman
  9. Upload pas foto dan tanda tangan
  10. Pembayaran PNBP dan biaya kirim
  11. Cetak SIM
  12. Pengiriman
  13. SIM diterima pemohon, setelah melakukan pembayaran yang dilakukan secara cashless atau non tunai. Pemohon dapat melakukan pembayaran melalui Bank BRI, baik dengan cara transfer atau langsung ke Bank. (Yus/Ara)
CATEGORIES
TAGS
Share This