Direstui Menko Luhut, Kemenhub Siapkan Roadmap Kendaraan Listrik

Ilustrasi, pengecasan baterai mobil listrik – dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Kementerian Perhubungan menyiapkan roadmap atau peta jalan pendukung percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan di Indonesia yang telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019. Kementerin ini mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemkomarvest).

Roadmap ini telah kami koordinasikan dengan Kemkomarvest. Minggu depan akan kita presentasikan dalam satu diskusi yang lebih detail, sehingga bisa dijadikan pedoman atau patokan bagi stakeholder (pemangku kepentingan) terkait,” papar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Rabu (19/5/2021).

Menurut dia, kehadiran roadmap tersebut akan memberikan pedoman dan kepastian bagi para pemangku kepentingan untuk menggunakan kendaraan listrik. Lebih dari itu, akan semakin memperkuat kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah.

Skuter listrik asal Taiwan yang telah masuk pasar Indonesia, Niu NQi GT – dok.Niu

Budi mencontohkan beberapa regulasi yang telah diterbitkan kementeriannya dalam dalam mendorong penggunaan KBLBB sebagai kendaraan kendaraan sehari-hari. Kemenhub telah menggunakan kendaraan bersumber tenaga dari setrum itu sebagai kendaraan operasional, kemudian mendorong angkutan umum seperti Transjakarta, Damri, Angkutan Bandara untuk menggunakan bus dengan tenaga listrik.

“Dan mendorong penggunaan bus listrik melalui Program Buy The Service (BTS) di beberapa kota,” ujar mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu.

Bahkan, Kemenhub menyiapkan beberapa langkah, di antaranya merencanakan penggunaan KBLBB sebagai kendaraan operasional pada tiga kota kota percontohan seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Bali. Selain itu, berkoordinasi dengan Kementerian ESDM dan PLN untuk menyediakan tempat pengisian (charging) di simpul-simpul transportasi, yaitu di stasiun kereta api Jakarta.

Mobil listrik armada taksi Blue Bird tengah mengecas di SPKLU Bandara Soekarno – Hatta – dok.Istimewa

“Apresiasi juga diberikan kepada pelaku industri otomotif dalam negeri yang sudah mulai memproduksi kendaraan listrik, dimana pemerintah mendukung pengembangan industri kendaraan listrik buatan dalam negeri dengan memperhatikan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri),” tandas Budi. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This