Truk Milik Produsen Minuman Ini Gunakan BBM dari Limbah Wiski

Stuart Watts, Direktur Glenfiddich – dok.Reuters

Duffton, Motoris – Produsen wiski kondang asal Duffton, Inggris – Glenfiddich Distillery (anak perusahaan dari William Grant & Sons) – mematok target nol emisi karbon pada tahun 2040 dalam proses produksinya.

Langkah ini dimulai dengan mengoperasikan armada truk pendukung produksi dan distribusi yang menggunakan bahan bakar ramah lingkungan.

Seperti dilaporkan Reuters dan The Sunday, Selasa (27/7/2021), pabrikan minuman yang berdiri sejak tahun 1886 itu telah mengubah truk armadanya dari sebelumnya berbahan bakar gas alam cair dengan biogas dari bahan limbah penyulingan. Artinya, truk-truk itu menenggak biogas dari limbah wiski.

Direktur penyulingan William Grant & Sons – perusahaan induk Glenfiddich – Stuart Watts, mengatakan selama ini pihaknya menjual biji-bijian bekas yang tersisa dari proses pembuatan malt untuk digunakan sebagai pakan ternak berprotein tinggi. Namun, kata dia, setelah diamati di limbah itu ternyata ada proses reaksi kimia oleh bakterai anaerob yang memecah bahan tersebut menjadi biogas.

Truk armada Glenfiddich – dok.Istimewa via NDTV

“Bahkan, dalam proses itu dihasilkan limbah cair yang bisa menjadi bahan bakar yakni gas Ultra-Low Carbon Fuel (ULCF) cair yang menghasilkan karbon dioksida dan emisi berbahaya lainnya dengan tingkat yang minimal,” kata Watts.

Hasil pengujian, klaim Watts, menunjukkan biogas memangkas emisi CO2 lebih dari 95% dibanding solar dan bahan bakar fosil lainnya. Lebih dari itu, bahan bakar ini juga mengurangi partikulat berbahaya lainnya dan emisi gas rumah kaca hingga 99%.

Pabrikan yang menjual lebih dari 14 juta botol wiski single malt per tahun ini mengatakan biogas berbasis limbah wiskinya telah telah digunakan tiga truknya yang telah diubah secara khusus. Sementara, total armada yang dimilikinya sebanyak 20 unit yakni truk Iveco dan lainnya.

Proses penyulingan wiski di pabrik milik Glenfiddich Distillery – dok.Istimewa

Glenfiddich Distillery menyebut, bahan bakar biogas dari limbah wiski itu bisa digunakan truk dari berbagai merek. Karenanya, perusahaan akan secara bertahap menggunakannya bagi semua truk armada miliknya atau bahkan untuk truk-truk milik perusahaan lainnya secara umum. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This