Seksi 1 Tol Cibitung – Cilincing Besok Mulai Dioperasikan

Ilustrasi, perjalanan di jalan tol – dok.Motoris


Jakarta, Motoris – Ruas tol Cibitung – Cilincing seksi 1 yakni junction Cibitung-Interchange Telaga Asih resmi dioperasikan mulai Sabtu (31/7/2021) besok setelah semua persyaratannya dinyatakan layak fungsi. Ruas tol sepanjang 2,65 kilometer ini merupakan bagian dari tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Direktur Utama PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways, Thorry Hendrarto menyebut keberadaan ruas tol tersebut akan mempersingkat waktu perjalanan. Jika selama ini perjalanan dari Cibitung ke Tanjung Priok ditempuh dalam waktu satu jam atau lebih lebih melalui tol Jakarta – Cikampek dan tol dalam kota, kini bisa kurang dari satu jam.

“Penghematan waktu cukup signifikan. Waktu perjalanan dalam kondisi normal (tidak ada kondisi darurat) bisa kurang dari satu jam. Tentu, ini akan menghemat waktu dan biaya bahan bakar kendaraan,” ujar Thorry saat dihubungi di Jakarta, Kamis (29/7/2021).

Proyek Jalan Tol Cibitung -Cilincing – dok.Kompas.com

Pengoperasian seksi 1 ruas Tol Cibitung – Cilincing itu ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 837/KPTS/M/2021.Namun, proses pengoperasiannya akan dilakukan dalam dua tahapan.

Tahap pertama akan berlangsung mulai 31 Juli hingga 7 Agustus 202, dimana semua pengguna jalan tol tidak dikenakan biaya.Tahap kedua, pengoperasian bertarif dijadwalkan mulai 8 Agustus 2021.
“Untuk tarifnya ditetapkan Rp 1.987 per kilometer,” jelas Thorry. (Yan/Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This