Sembilan Ruas Tol Baru di RI Bakal Rampung Akhir Tahun Ini

Sembilan Ruas Tol Baru di RI Bakal Rampung Akhir Tahun Ini

Jakarta, Motoris – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan akan ada sembilan ruas jalan tol yang selesai kontruksinya di akhir tahun ini. Ruas jalan bebas hambatan itu berada di pulau Jawa dan luar pulau Jawa.

Menurut Kepala BPJT Danang Parikesit ruas jalan tol di Jawa yang bakal rampung di tahun proses konstruksinya adalah ruas Cileunyi – Sumedang – Dawuan. “Sampai hari ini progress-nya sudah 90% lebih,” kata dia saat dihubungi Motoris di Jakarta, Jumat (19/11/2021).

Ruas tol lainnya di pulau Jawa yang akan kelar pembangunannya adalah ruas di Jabodetabek Ruas itu adalah ruas tol Cibitung – Cilincing Seksi 2 – 3 Gabus Indah – Tambelang sepanjang 24,7 kilometer (km) yang kini pembangunannya telah mencapai 94,51%.

Lalu ruas tol Serpong Cinere seksi 2 sepanjang 3,6 km denga mencapan progress 93,52%. “Selesainya pembangunan tol Cinere – Serpong ini akan melengkapi jaringan JORR II. Keberadaan ruas ini akan memangkas waktu perjalanan masyarakat dan logistik. Ini sekaligus akan membuka pusat pertumbuhan ekonomi baru di sepanjang Serpong, Pamulang, Cinere, Bogor, dan Ciawi,” tutur Danang.

Berkendara di jalan tol – dok.Motoris.id

Manfaat serupa juga akan dirasakan masyarakat di sekitar wilayah yang terhubungkan oleh ruas tol baru ini. Misalnya di wilayah yang tersambungkan oleh seksi 1 Tebing Tinggi – Indrapura di ruas tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat sepanjang 20,4 km yang kini proses konstruksinya telah mencapai 85,38%.

“Begitu juga di wilayah Sulawesi Utara yang terkoneksi oleh Manado Bitung seksi 2B Danowudu – Bitung sepanjang 12,7 km yang pembangunannya kini sudah mencapai 89% lebih,” imbuh Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta itu. (Sut/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This