Jelang Euro IV, Toyota Sudah Ancang-ancang Kerek Harga

Jelang Euro IV, Toyota Sudah Ancang-ancang Kerek Harga

Jakarta, Motoris – Pemerintah akan memberlakukan standar emisi Euro IV mulai Oktober 2018. Mobil bermesin bensin keluaran terbaru sudah harus memenuhi aturan tersebut, untuk menghasilkan gas buang yang lebih bagus dari standar emisi yang sekarang ini, yaitu Euro II.

Sebelum aturan itu berlaku,Toyota sudah menginformasikan persiapan kenaikan harga jual semua model, terutama mobil yang diproduksi di Indonesia. Sebab, akan ada penyesuaian dalam teknis di pabrik.

“Meskipun naik, tetapi kami pastikan tidak terlalu signifikan. Masih bisa terjangkau oleh konsumen,” tutur Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama ini di acara buka puasa bersama media di kawasan Senayan, Jakarta.

Selain nilai tukar mata uang, faktor seperti ini diakui Henry yang bisa menjadikan harga mobil ikut naik. Tetapi, penyesuaian banderol tersebut untuk meningkatkan standar emisi gas buang di Indonesia menjadi lebih baik.

Baca juga: Sudirman MR, Pentolan Otomotif Pengukur Sejarah Daihatsu

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Toyota C-HR Hybrid Bisa Meluncur di GIIAS.

“Kalau kita selalu mengikuti aturan pemerintah. Secara teknis pabrik kita juga sudah siap untuk menghasilkan mobil yang memiliki standar emisi Euro IV,” ujar Henry.

Meski begitu, TAM sendiri sangat menyambut baik rencana pemerintah itu. Sebab, selama ini pabrik Toyota di Indonesia juga sudah menerapkan standar emisi lebih besar untuk pasar ekspor.

“Sehingga kalau untuk Euro IV saja tidak ada masalah, banyak produk kita yang diekspor kan sudah memiliki standar emsii lebih tinggi dari Indonesia,” kata Henry. (kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This