SUV Semakin Memikat Hati Masyarakat

SUV Semakin Memikat Hati Masyarakat

Jakarta, Motoris – Mobil sport serbaguna atau Sport Utility Vehicle (SUV) semakin hari semakin mencuri perhatian masyarakat, tak hanya di Indonesia tetapi juga negara-negara lain di Asia Tenggara. Kabin yang luas, tampilan yang perkasa, dan mesin andal menjadi daya tarik tersendiri mobil jenis ini di mata masyarakat konsumen.

Fakta ini terungkap dari hasil riset yang dilakukan General Motors (GM) untuk wilayah Asia Tenggara. General Director, Product Engineering, GM Asia Tenggara, Chathchawan Chantaket, dalam siaran pers, Kamis (19/7/2018) lalu mengatakan ketiga faktor keunggulan SUV telah menjadi pemantik minat konsumen.

“Paduan antara kabin yang lapang dan tampilan eksterior yang gagah, tangguh, dengan keandalan mesin untuk memberikan pengalaman berkendara tidak terlupakan adalah daya tarik tersendiri,” paparnya.

Lebih dari itu, kata Chantaket, konsumen juga melihat faktor mesin diesel yang tangguh namun irit bahan bakar yakni lebih irit 25-30% dibanding mobil bermesin bensin, di kelas yang sama. Dia lantas menyodorkan contoh Chevrolet Trailblazer yang dibekali mesin Duramax.

Chevrolet Trailblazer, andalan Chevrolt di segmen pasar SUV 7 kursi penumpang – dok.Istimewa

Selain memberikan kenyamanan di kabin bagi penumpang dan pengemudi, mobil ini diklaim juga menghadirkan kapasitas ruang kargo yang lapang plus ketangguhan performa mesin di berbagai lintasan. Hanya, Chantaket tak menyebutkan berapa peningkatan pasar SUV di Asia Tenggara.

Pasar Indonesia
Sementara itu, Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara mengakui jika SUV semakin memikat hati konsuen di Indonesia. Hal ini terlihat dari tren pertumbuhan penjualan yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Trennya positif, meningkat dari tahun ke tahun,” ujarnya saat dihubungi Motoris, Sabtu (21/7/2018).

Soal faktor pendorong minat konsumen terhadap SUV, argumen yang diungkapkan Kukuh kurang lebih sama dengan apa yang diungkapkan Chantaket. Terlebih, kata dia, secara topografis dan geografis kondisi alam Indonesia banyak yang menanjak dan turun. Bahkan kondisi jalanan yang seringkali bergelombang.

Toyota Fortuner – dok.IndiaCarNews

Data Gakindo menunjukan sepanjang Januari-Juni 2018, penjualan SUV di Tanah Air sebanyak 32.475 unit. Jumlah ini meningkat cukup signifikan dibanding periode sama tahun lalu yang sebanyak 29.513 unit.

Sepanjang enam bulan pertama di tahun ini, SUV yang tercatat membukukan penjualan terbanyak adalah Mitsubishi Pajero Sport yakni sebanyak 11.021 unit. Setelah itu Toyota Fortuner sebanyak 9.072 unit dan Honda CR-V yang laku 5.360 unit. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This