Toyota Avanza Sakti Mandraguna

Toyota Avanza Sakti Mandraguna

Tangerang, Motoris – Meski telah mencapai usia 15 tahun, para penggemar setia Toyota Avanza masih loyal sehingga membuat penjualannya tetap stabil tak tergoyahkan. Bahkan para loyalis itu menyebutnya ‘Toyota Avanza Sakti Mandraguna’,

“Perjalanan selama 15 tahun dengan populasi yang mencapai lebih dari 1,65 juta unit merupakan prestasi yang sangat luar biasa. Terlebih, para penggunanya begitu setia, termasuk pengguna yang tergabung di wadah komunitas Avanza maupun Veloz. Ibaratnya, pesona Avanza itu luar biasa. Dia sakti mandraguna,” tutur Ketua Umum Velozity – komunitas pengguna Avanza Veloz – Bambang Wibowo, saat ditemui di ajang GIIAS 2018, ICE, BSD City, Tangerang, Rabu (8/8/2018).

Taka da yang salah dengan ucapan Bambang. Faktanya, data yang dirilis Gaikindo menunjukan, sepanjang Januari-Juni wholesales (penjualan dari pabrik ke diler) Toyota mencapai 161.446 unit. Dari jumlah itu, 39.455 unit diantaranya atau yang terbanyak adalah Avanza.

“Ada keunggulan Avanza yang tidak dimiliki oleh mobil sejenis dari merek lain. Mulai dari trend setter tampilan, kenyamanan, sampai keiritan bahan bakar menjadi pertimbangan utama teman-teman yang memilih Avanza,” kata Bambang.

Ketua Umum Velozity, Bambang Wibowo- dok.Motoris

Saat MPV sejenis masih menggunakan lampu berbentuk lebar – atau biasa disebut belok di kalangan komunitas – Avanza telah menggunakan bentuk yang sipit. Alhasil, orang melihatnya sebagai pelopor.

“Tampilan Avanza itu bisa dibilang cocok dengan berbagai suasana dan kondisi. Dipakai ke kondangan oke. Ke kantor pantas, pergi ke mall juga tidak malu-maluin. Ke kampus atau keperluan lain juga tak masalah. All round,” paparnya.

Setia sejak awal
Seperti halnya Bambang, seorang pemilik Toyota Avanza, Ronald Simbolon, mengaku menggunakan Avanza sejak model pertama dijual tahun 2004. Warga perumahan Graha Raya, Serpong Utara, Tangerang Selatan, itu mengaku sejak itu tak pernah berpindah ke merek lain.

“Meskipun, di tahun-tahun berikutnya saya berganti model-model yang baru. Tetapi, Avanza tetap menjadi pilihan saya dan keluarga,” ucapnya saat ditemui di arena GIIAS 2018.

Ronald menyebut ground clearance dan kaki-kaki Avanza terbukti sangat cocok dengan kontur jalanan Indonesia yang kerap rusak atau bergelombang. Terlebih, sistem penggerak roda belakang yang digunakannya, membuat mobil tujuh penumpang itu tangguh melahap tanjakan.

Toyota Avanza di IIMS – dok.Motoris

“Inilah yang membuat pengguna Avanza tetap loyal. Bahkan, dengan pengalamannya, mereka bisa mempengaruhi orang lain. Jadi, tidak heran kalau penjualan Avanza terus meningkat,” kata dia.

Sebelumnya, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto menyebut penjualan Avanza saat ini masih di batas-batas normal. Penjualan masih 6.000 – 7.000 unit.

“Kunci dari keberhasilan Avanza itu adalah, konsep dasarnya, yaitu dibuat dengan orientasi kebutuhan pelanggan. Ini yang membuatnya langgeng di pasar,” ucapnya saat ditemui di arena GIIAS 2018.–** (Native Article)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This