Mazda, Suzuki, dan Yamaha Palsukan Data Konsumsi BBM

Mazda, Suzuki, dan Yamaha Palsukan Data Konsumsi BBM

Tokyo, Motoris – Kementerian Transportasi Jepang menyatakan tiga pabrikan otomotif yakni Mazda Motor, Suzuki Motor dan Yamaha Motor telah melakukan kesalahan dengan memalsukan data uji konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM). Mazda dan Suzuki menyerahkan laporan tersebut ke kementerian, sedangkan Yamaha mengakui kesalahan.

Seperti dilaporkan Reuters, Kamis (9/8/2018), dalam konferensi pers, Kementerian Transportasi Jepang menyatakan bahwa temuan itu merupakan hasil penyelidikan internal perusahaan. Penyelidikan dilakukan setelah mendapatkan perintah dari kementerian.

Logo Suzuki -dok.MotorisLogo Suzuki -dok.Motoris

Wakil dari Mazda dan Suzuki mengatakan, mereka menyerahkan laporan mengenai pengujian yang tidak benar itu kepada kementerian. Namun, mereka menolak berkomentar lebih jauh tentang temuan kasus itu.

Sedangkan Juru Bicara Yamaha mengakui bahwa ada tindakan yang tidak patut dalam uji konsumsi BBM itu. “Ada fakta bahwa ada tindakan yang tidak benar. Kami memohon maaf sebesar-besarnya,” kata dia.

Logo Yamaha – dok.Istimewa

Sebelumnya, pada Juli lalu, Nissan mengakui adanya penyimpangan hasil tes emisi dan klaim konsumsi bahan bakar di mobil buatannya. Pabrikan ini juga mengakui uji emisi dan efisiensi bahan bakar telah menyimpang dari ketentuan yang telah ditetapkan.

Nissan  dalam laporannya mengaku telah menemukan ada pemalsuan data uji emisi mobil yang dilakukan sebagian besar pabriknya di Jepang. Pemalsuan tersebut dilakukan oleh petugas yang bertanggung jawab atas pengujian itu. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This