Kenalkan SUV, Pabrikan Vietnam Unjuk Gigi ke Dunia

Kenalkan SUV, Pabrikan Vietnam Unjuk Gigi ke Dunia
SUV VinFast - dok.Vietnam Investment Review

Hanoi, Motoris – Perusahaan rintisan (start up) otomotif asal Vietnam, VinFast, berniat memperkenalkan dua mobil buatannya berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) dan sedan di ajang Paris Motor Show 2018 yang bakal berlangsung Oktober mendatang. Dua mobil itu merupakan buah dari kolaborasi VinFast dengan rumah desain kondang Italia, ItalDesign dan Pininfarina.

Seperti dilaporkan laman CNET, Motoring Ressearch, dan The Economist, Senin (10/9/2018), VinFast, sebelumnya telah membuat jajak pendapat di kalangan warga Vietnam. Pabrikan meminta 62.000 orang untuk memilih satu diantara 20 sketsa desain SUV dan sedan yang terbaik serta layak untuk diproduksi.

Pilihan 20 sketsa desain tersebut merupakan karya sejumah rumah desain kondang  seperti ItalDesign, Pininfarina, Touring Superleggera, serta Zagato. Setelah dilakukan pemilihan ternyata karya ItalDesign yang paling banyak dipilih. Karya itulah yang kemudian disempurnakan oleh Pininfarina.

“Keren. Bahasa desain dari keduanya ternyata tak kalah dengan mobil-mobil buatan pabrikan yang telah lama berdiri dan beroperasi,” komentar salah seorang pakar desain mobil asal Standford, Inggris, Peter Graham.

Tampilan keduanya khas. Grill heksagonal dan air intake besar. Lampu DRL yang tipis dan lebar diletakan dipasang secara terpisah dengan lampu utama, menjadi kekhasan tersendiri.

Sementara, kap mobil SUV yang lebih berotot dan tegas menguatkan garis karakter sporty. Sekilas mobil ini mirip dengan SUV Hyundai Kona. Sedangkan, tampilan sedan lebih menguatkan keanggunan dan kecantikan ala sedan besutan pabrikan Eropa.

Maklum, keduanya dibangun dengan platform milik BMW. Begitu pun dengan mesin maupun transmisinya. Mesin dua mobil itu menggunakan mesin N20 yakni berkapasitas 2.0 liter empat silinder dengan dua varian tenaga yakni 174 dan 228 hp.

SUV produksi VinFast – dok.Motoring Ressearch

Sedangkan penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi ZF delapan tingkat percepatan.
Untuk varian SUV, kabarnya juga ditawarkan dalam versi all wheel drive. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This