Catat, Foton Berniat Rakit Truk Ringan di Indonesia

Catat, Foton Berniat Rakit Truk Ringan di Indonesia
Truk ringan Foton - dok.Chinatrucks.com

Jakarta, Motoris – Pabrikan otomotif asal China, Beiqi Foton Motor melalui PT Foton Pemasaran & Penjualan Indonesia (FPPI), Foton berniat membangun pabrik perakitan di Tanah Air pada 2-3 tahun mendatang. Jika selama ini FPPI hanya mengimpor truk kelas berat atau heavy duty truk, pada saat pabrik berdiri nanti akan dirakit truk kelas ringan dan medium.

“Ke depan, rencana kami adalah merakit medium dan light duty truck di Indonesia. Sehingga, harganya lebih bersaing lagi,” papar Business Development Manager FPPI, Johans Kamajaya, saat dikonfirmasi Motoris, belum lama ini.

Menurutnya, perakitan truk secara lokal di Indonesia itu bakal semakin mengerek daya saing yang dimiliki Foton. Johan menyebut salah satu keunggulan truk Foton adalah ketangguhan dan masa pakai yang lama.

“Foton di truk-truk berat bekerjasama dengan Daimler AG pada Juli 2010 dengan memproduksi truk Auman dan Aumark. Sedangkan di truk medium dan ringan Foton juga terus menembangkan teknologi baru di pusat penelitian dan pengembangannya,” kata Johans.

Varian truk Foton – dok.Autokid

Pusat penelitian dan pengembangan tersebut tak hanya di China saja tetapi juga tersebar di berbagai negara. Diantara negara-negara itu adalah Jepang, Jerman, Taiwan, dan Filipina.

Sedangkan truk-truk buatan Foton juga telah diserap oleh negara-negara di sejumlah negara di wilayah Amerika Latin. Sementara pusat perakitannya di Kolombia.

Harga lebih miring
Truk Foton kelas itu juga diserap oleh negara-negara di wilayah Asia Selatan. Pasar penyerap teresar adalah India, Pakistan, dan Bangladesh.

Soal keunggulan lebih dari pesaing yang bakal ditawarkan oleh Foton setelah truk-truk itu dirakit secara lokal, Johans belum bersedia memaparkannya. Namun yang pasti, lanjut dia, selain ketangguhan,  harga jual diperkirakan bakal lebih miring.

“Kami juga akan menjamin ketersediaan suku cadang dan layanan perbaikan atau perawatan. Sekarang kami sedang mencari mitra lokal untuk diler,” paparnya.

Selama ini, segmen pasar truk ringan dikauasi oleh Mitsubishi Fuso. Sedangkan di truk medium dan berat, nama Hino berada di urutan atas. Tercatat, sepanjang semester pertama tahun ini Hino menguasai sekitar 60% pasar truk medium dengan volume penjualan kurang lebih 21.000 unit. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This