Tiga Mobil Hyundai yang Berpotensi Dibikin di RI

Tiga Mobil Hyundai yang Berpotensi Dibikin di RI
Hyundai Kona, crossover yang cocok diproduksi di Indonesia. dok. CarsGuide

Jakarta, Motoris – Hyundai memastikan akan menjadikan Indonesia basis produksi untuk kawasan Asia Tenggara. Dari penelusuran Motoris, kapasitas pabrik Hyundai di Indonesia cukup besar, yakni 200 ribu unit per tahun, di atas Wuling 120 ribu unit atau Mitsubishi 160 ribu unit.

Hyundai belum mengungkapkan secara resmi investasi yang dikucurkan untuk membangun pabrik di Indonesia tahun depan. Demikian pula dengan asosiasi (Gaikindo), pemerintahan, hingga PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) selaku agen pemegang merek (APM).

Akan tetapi, seperti dilansir Investor Daily, belum lama ini, Presiden Direktur HMI Mukiat Sutikno memberikan sedikit bocoran soal mobil Hyundai yang bakal dirakit di Tanah Air. Dia meyakini, sekitar 2-3 mobil Hyundai akan diproduksi penuh (full manufacturing) di Indonesia.

Itu artinya, komponen utama seperti mesin, bodi, dan gardan bakal dibuat di Indonesia. Sayang, mantan bos Chevy Indonesia itu enggan menyebutkan nama-nama modelnya.

Baca juga: Hyundai Pasok Hatchback Kencang 275 Hp

Hyundai Kona, bakal bersaing dengan HR-V, Rush, Terios, Trax, BR-V, sampai Juke. dok. AutoWeekly.com.au

Tapi, menurut penilaian Motoris, setidaknya ada beberapa model yang potensial dibangun di Indonesia. Yang pertama, Kona. Mobil ini bisa bersaing di kelas LSUV, segmen yang lagi tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir, dihuni beberapa model, seperti Honda HR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Nissan Juke, dan Chevrolet Trax.

“Kona adalah salah satu model yang kami pelajari dengan serius. Modelnya menarik,” kata Deputy Director Marketing HMI Hendrik Wiradjaja, belum lama ini.

Model lainnya bisa saja Santro alias Atoz, yang akan meluncur di India pada 23 Oktober 2018. Atoz lawas sangat laris di Indonesia dan pernah diproduksi pabrik HMI di Bekasi, Jawa Barat. Kini, pabrik HMI memproduksi H-1 untuk pasar domestik dan ekspor.

Mobil ketiga kemungkinan Tucson, yang bisa bersaing dengan SUV penggerak depan macam Honda CR-V dan Nissan X-Trail sekaligus SUV sasis tangga macam Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport lantaran ada pilihan mesin diesel. Tucson juga cukup laris di Indonesia. Kita tunggu saja bagaimana realisasinya. (Gbr)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, dan TWITTER @MotorisID, buat grafis otomotif terkini lainnya. “Ancamannn Baru Wuling ke Pesaing, SUV Baru CN210S,”

CATEGORIES
TAGS
Share This